MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kecelakaan Ternyata Jadi Salah Satu Penyebab Kemiskinan

0 634

MuriaNewsCom, Semarang – Polri mulai Senin (5/3/2015) hari ini hingga 25 Maret 25 Maret 2018 menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2018. Di Jawa Tengah operasi ini dimulai dengan gelar pasukan yang digelar Polda Jateng dengan melibatkan unsur TNI, Dishub dan Satpol PP.

Di Jawa Tengah operasi ini diberi nama Operasi Keselamatan Candi 2018 dengan sasaran pecnegahan hal-hal yang memicu kecelakaan lalu lintas.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dalam amanatnya berharap jajaran Lalu Lintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis teknis maupun secara strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir.

“Saya juga berharap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalulintas serta terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang pelaksanaan pilkada di wilayah Jateng tahun 2018,” ujarnya.

Menurut dia, kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kemiskinan yang sistematis di masyarakat. Ia menjelaskan kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tubuh dapat berdampak terhadap stabilitas perekonomian.

“Misal, seorang kepala keluarga meninggal karena kecelakaan lalu lintas, tentu anggota keluarga yang ditinggalkan akan semakin merosot tingkat perekonomiannya karena ditinggal kepala keluarganya,” katanya.

Contoh lain, kata dia, jika seorang anak mengalami cacat akibat kecelakaan lalu lintas, dibutuhkan biaya lebih untuk membiayai pengobatan serta kebutuhan hidup sehari-hari. Ia menilai asuransi sekalipun tidak akan banyak membantu kondisi tersebut.

Menurut dia, berbagai kegiatan masyarakat tidak terlepas dari arus lalu lintas. Setiap kecelakaan lalu lintas, lanjut dia, selalu didahului oleh pelanggaran lalu lintas. “Misalnya terburu-buru karena sudah terlambat sehingga menerobos lampu lalu lintas,” terangnya.

Oleh karena itu pada operasi lalu lintas kali ini, ia meminta petugas melaksanakan tugas kemanusiaan untuk keselamatan warga masyarakat. Ia meminta petugas bertindak profesional namun jangan sampai menyulitkan masyarakat.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.