MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Akses ke MAJT Kini Lebih Mudah, Bakal Ada BRT yang Melintas

0 1.031

MuriaNewsCom, Semarang – Akses menuju ke tempat relokasi Pasar Johar dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) kini bakal lebih mudah. Hal ini seiring dengan siap beroperasinya koridor VII Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.

Koridor ini akan melintasi lapak sementara Pasar Johar. Lapak pedagang yang direlokasi ini berada di kompleks MAJT, tepatnya di belakang masjid kebanggan warga Jawa Tengah tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Blu Trans Semarang, Ade Bhkati mengatakan, sesuai rencana launching koridor baru ini akan dilakukan pada 1 April 2018 mendatang.  Menurut dia, rute koridor baru ini akan melewati relokasi pedagang Pasar Johar di MAJT.

“Sesuai dengan arahan Pak Wali (Wali Kota Semarang) agar ada transportasi umum yang masuk ke relokasi Pasar Johar,” katanya.

Menurut dia, sebanyak 15 unit BRT akan melayani koridor baru itu sudah siap. Termasuk pengurusan surat-surat atau administrasi juga sudah rampung.

Armada, kata dia, juga sudah menjalani uji kir, sehingga tinggal menunggu proses lelang yang ditargetkan pada pertengahan Maret 2018 sudah bisa ditentukan pemenang tendernya.

“Sesuai dengan rencana, launching akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Bahkan, kalau bisa launching, kami siapkan relokasi Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang,” ujarnya.

Ia menjelaskan koridor baru itu memiliki rute mulai Terminal Terboyo, Kaligawe, Jalan Wontermonginsidi, Jalan Arteri Soekarno Hatta, kemudian masuk ke dalam relokasi Pasar Johar.

Bus melanjutkan rute menuju Jalan Pattimura, Bubakan, Kota Lama, Jalan Pemuda, Tugu Muda, Jalan Imam Bonjol, dan kembali melalui rute semula menuju Terminal Terboyo.

“Koridor VII Transsemarang memiliki jarak tempuh sekitar 41,6 kilometer dan pool-nya hanya satu, di Terminal Terboyo Semarang. Shelter semuanya menggunakan tipe portabel A,” terangnya.

Nantinya, kata dia, akan dibuatkan shelter secara permanen setelah dilakukan evaluasi secara bertahap, terutama di halte-halte yang jumlah penumpang yang naik-turun banyak.

“Untuk titik shelter, kami akan tempatkan di sebanyak 38 titik. Ya, sementara memang masih `shelter` portabel, tetapi tipe A. Artinya, kapasitasnya besar,” terangnya.

Dengan pengoperasian Koridor VII Trans Semarang, kata dia, akses transportasi menuju Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang lebih lancar seiring berjalannya aktivitas perekonomian.

Editor : Ali Muntoha

Hari Kemerdekaan 2018 Pc
United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.