MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Tagih Pengunduran Diri Taj Yasin dan Ida Fauziyah dari Legislatif

0 374

MuriaNewsCom, Semarang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah meminta calon wakil gubernur Taj Yasin maupun Ida Fauziyah untuk segera mengurus pengunduran diri sebagai anggota dewan. Pasalnya, keduanya sejak Senin (12/2/2018) hari ini telah resmi ditetapkan sebagai kandidat di Pilgub Jateng 2018.

Seperti diketahui Taj Yasin yang menjadi cawagub gubernur petahana Ganjar Pranowo menjabat sebagai anggota DPRD Jateng. Sementara Ida Fauziyah yang menjadi cawagub Sudirman Said tercatat sebagai anggota DPR RI.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan, masih ada syarat adminsitrasi yang harus dilengkapi Taj Yasin dan Ida Fauziyah, yakni surat pengunduran diri. Menurutnya, kedua calon ini diberi waktu selama beberapa hari untuk melengkapi syarat ini.

“Surat pengunduran diri, tanda terima surat pengunduran dari sekretariat DPRD Jateng atau sekjen DPR dan surat yang menyatakan pengunduran dirinya tengah diproses, kami tunggu sampai tanggal 16 Februari,” kata Joko.

Ia menjelaskan pengajuan surat pengunduran diri bisa diurus setelah pengambilan nomor urut paslon yang akan dilakukan pihaknya pada besok malam. Rencananya pengundian nomor urut akan dilakukan di Hotel Patra Jasa Semarang, pukul 19.00 WIB.

Sedangkan bagi calon gubernur petahana Ganjar Pranowo juga diminta mengurus surat cutinya sebagai Gubernur Jateng. Surat pengajuan cuti ini telah diterima KPU Jateng, yang mulai 15 Februari Ganjar sudah cuti untuk mengikuti kampanye.

Selama mengikuti mengambil cuti dan kampanye, Ganjar harus melepas semua atribut kedinasan termasuk keluar dari rumah dinas sebelum kampanye dimulai.

“Pada saat sudah ditetapkan, seluruh hak yang melekat, contoh petahana misalnya, pengawal dan mobil pengawalan diganti Polda Jateng. Sampai tanggal 14 (Februari) beliau masih aktif sebagai gubernur,” terangnya.

Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto mengklaim sedang memproses pengunduran diri Ida Fauziyah demi mentaati aturan-aturan dari KPU. “Semuanya harus clear saat kampanye,” bebernya.

Abdul Syukur, Sekretaris DPW PPP Jateng mengaku sudah menerbitkan PAW (pergantian antarwaktu) untuk mengganti posisi Taj Yasin sebagai anggota DPRD Jateng. Ia menyebut, surat pengunduran dirinya sedang diproses.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.