MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Elang Brontok yang Nyaris Punah Pingsan Tersengat Listrik di Kendal

0 838

MuriaNewsCom, Kendal – Elang brontok yang berkerabat dekat dengan elang Jawa ditemukan pingsan setelah menabrak kabel listrik di Kabupaten Kendal. Burung yang kerap disebut sebagai burung rajawali ini pingsan tersengat listrik saat memburu mangsa.

Burung ini saat ini sudah sangat jarang ditemui, meskipun belum masuk kategori punah. Oleh karenanya burung ini termasuk satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya, dan PP Nomor 7 Tahun 1999, serta PP Nomor 8 Tahun 1999.

Burung itu ditemukan oleh Sukroniswanto (35), warga Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, pada Rabu (7/2/2018) lalu tak jauh dari rumahnya. Saat ditemukan, elang itu dalam kondisi pingsan setelah menabrak kabel.

Sukroniswanto sempat merawat burung tersebut, sebelum melapor ke Polsek Sukorejo. Kapolsek Sukorejo AKP Haryo Deko Dewo mengatakan, setelah mendapat laporan pihaknya menerjunkan anggota untuk berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kendal.

“Kemudian warga yang menemukan elang Jawa (elang brontok) tersebut melaporkan kejadian itu ke Polsek Sukorejo dan langsung kami teruskan untuk diserahkan kepada petugas BKSDA Kendal,” katanya.

Burung itu kemudian diserahkan pada BKSDA Kendal pada Kamis (8/2/2018) kemarin. Menurut dia, penyerahan disaksikan Kanit Sabhara Polsek Sukorejo Ipda Yudhi Supada serta Bhabinkamtibmas Brigadir Slamet Heriyanto.

Elang brontok memang merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi dari kepunahan. Satwa liar yang salah satunya ditemukan pingsan di kawasan Kendal itu merupakan burung yang hidup di kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara, mulai India, Sri Lanka, Filipina, serta Indonesia.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.