MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Kaligawe Capai Setengah Meter, Lewat Jalur Ini Biar Gak Kejebak Macet

0 2.655

MuriaNewsCom, Semarang – Banjir yang melanda wilayah Kaligawe, Kota Semarang, Sabtu (3/2/2018) pagi semakin meninggi. Ketinggian air di jalan utama mencapai 50 cm, hingga menyebabkan kemacetan yang sangat panjang.

Banyak kendaraan yang terjebak macet dan mogok, akibat air masuk ke dalam mesin. Banjir semakin meninggi sejak Senin (2/2/2018) kemarin, seiring hujan yang terus mengguyur Kota Semarang.

Sejumlah pengendara yang terjebak banjir mengeluhkan panjangannya kemacetan yang terjadi. Afif, warga Pati mengaku terjebak macet selama dua jam saat melintas di Jalan Kaligawe.

”Saya mau balik ke Pati. Dari bawah jembatan tol sampai ke pos polisi Genuk itu sampai dua jam. Banjir robnya tinggi, bahkan tadi ada beberapa motor yang mogok,” katanya.

Kanit Lantas Polsek Genuk, AKP Irianto dalam wawancara langsung dengan Radio Elshinta Semarang menyebut, ketinggian air di jalan utama itu berkisar antara 30-50 cm. Kondisi ini menurut dia, sudah terjadi hampir sepekan ini. ”Yang paling parah, atau puncaknya dua hari ini,” ujarnya.

Titik paling tinggi genangan menurut dia berada di depan Gang Macan, Genuk di mana ketinggian mencapai 50 sentimeter. Ia juga menyebut pemompaan belum bisa dilakukan, karena ketinggian banjir dengan saluran air masih sama.

Untuk mengatur lalu lintas, pihaknya telah mengerahkan personel di sejumlah titik. Pihaknya juga mengimbau agar pengendara menghindari jalur Kaligawe agar tak terjebak macet akibat banjir rob yang masih tinggi.

“Personel di lapangan juga mengarahkan pengendara agar menggunakan jalur alternatif agar tak terjebak macet,” terangnya.

Jalur alternatif yang bisa digunakan pengendara yakni melewati Jalan Woltermongensidi. Dari arah timur (Pati, Kudus, Demak) setelah sampai lampu merah (pertigaan) Genuk, ambil kiri ke Banget Ayu, dan tembus ke Jalan Majapahit Semarang.

Dari arah Jakarta dan Solo, untuk pengguna mobil pribadi bisa masuk ke tol dan keluar di pintu tol Gayamsari, lalu menuju Jalan Woltermongensidi, dan sampai ke Genuk. Sementara pengendara sepeda motor masuk dalam Kota Semarang, dan menuju Arteri Soekarno-Hatta, dan masuk ke Banget Ayu, maka akan sampai ke pertigaan Genuk, dan ambil kiri menuju Surabaya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.