MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dikira Batu Biasa, Temuan Warga Tlogotirto Grobogan Ini Ternyata Fosil Purbakala

0 10.437

MuriaNewsCom, GroboganPotensi fosil hewan purbakala di Kecamatan Gabus, Grobogan tampaknya tidak hanya terdapat di Desa Banjarejo saja. Hal ini terjadi menyusul ditemukannya sebuah fosil hewan purba di Desa Tlogotirto yang wilayahnya sekitar 15 km diselatan Desa Banjarejo.

Kepala Desa Tlogotirto Adi Saputra mengatakan, fosil yang ditemukan berupa cangkang kerang berukuran cukup besar. Ukurannya, sekitar 40 x 50 cm. Cangkang tersebut teridiri dari dua bagian, atas dan bawah yang kondisi awalnya masih menyatu.

Fosil kerang purba ditemukan warganya bernama Sutrisno yang tinggal di Dusun Ngrejeng. Fosil kerang ditemukan saat menggali tanah bebatuan di pinggir areal hutan pada kedalaman sekitar 3 meter.

”Fosil itu sudah ditemukan beberapa minggu lalu dan ditaruh di halaman rumahnya. Kebetulan pas lewat disitu, saya sempat melihat. Setelah saya perhatikan, kayaknya mirip fosil,” jelasnya, Selasa (16/1/2018).

Adi menyatakan, setelah itu, ia kemudian menghubungi koleganya, yakni Kades Banjarejo Ahmad Taufik untuk minta penjelasan.

”Sebelumnya, saya sempat kirimkan foto temuan itu pada Mas Taufik. Dari analisanya, benda itu memang fosil hewan purba jenis kerang laut. Rencananya, fosil ini akan saya serahkan ke Banjarejo agar lebih terawat, seperti yang sudah ada disana,” imbuh Adi.

Sementara itu, Kades Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, sejauh ini, fosil kerang sudah beberapa kali ditemukan di desanya. Untuk fosil kerang di Desa Tlogotirto bentuknya ada kemiripan dengan yang ada di Desa Banjarejo.

”Penemuan yang di Tlogotirto itu memang benda purbakala. Hanya saja, untuk bisa memberikan keterangan lebih lengkap, nanti biar diteliti ahli dari Sangiran dulu,” katanya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.