Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Januari Puncak Musim Hujan, Ancaman Banjir Meningkat

0 170

MuriaNewsCom, Semarang – Bulan Januari 2018 ini diperkirakan akan menjadi puncak musim hujan. Dengan demikian, ancaman terjadinya bencana banjir semakin meningkat. Terlebih hampir semua daerah di Jateng rawan terkena bencana ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng memastikan, telah melakukan pemetaan daerah mana saja yang berpotensi terjadi banjir. Pemetaan dilakukan di seluruh wilayah Jateng.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana mengatakan Januari 2018 ini diprediksi curah hujan akan sangat tinggi. Personel BPBD di sejumlah kabupaten/kota di Jateng diminta siaga dan warga juga waspada terhadap potensi luapan air sungai, yang bisa memicu banjir.

“Prediksinya curah hujan antara 300-500 milimeter. Sehingga temen-temen (personel BPBD) harus betul-betul siaga penuh,” katanya.

Ia menyebut, dalam beberapa waktu terakhis sudah banyak terjadi banjir akibat tanggul jebol. Di antaranya di Grobogan, Kebumen, Cilacap dan Brebes.

Ia menjelaskan pada November 2017 lalu terjadi perubahan cuaca ekstrem, yang diakibatkan lintasan badai siklon tropis Cempaka. Lintasan badai itu menyebabkan perubahan cuaca ekstrem, sehingga sejumlah daerah terdampak.

Wilayah di Jateng yang terdampak di antaranya Kabupaten Wonogiri, Klaten dan Solo Raya. Wilayah-wilayah tersebut dilaporkan terjadi angin kencang dan hujan lebat dengan intensitas tinggi, sehinga mengakibatkan bencana banjir melanda beberapa wilayah.

Lebih lanjut Sarwa menjelaskan, tim BPBD yang ada di kabupaten/kota di Jateng juga diminta menyebarkan nomor telepon posko bencana kepada masyarakat. Sehingga, ketika terjadi bencana masyarakat bisa melaporkan ke petugas BPBD setempat.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.