MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Temukan Kampanye Hitam Pilgub? Laporkan dengan Cara Simpel Ini

0 355

MuriaNewsCom, Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jateng membentuk sejumlah satuan tugas (stagas) untuk menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. Di antaranya Satgas Black Campaign yang terdiri dari beberapa unsur kepolisian.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, satgas ini terdiri dari unsur Direktorat Kriminal Khusus, Direktorat Kriminal Umum, intelijen, dan Bid Humas.

“Satgas ini bertindak dan menangani kalau ada unsur kampanye hitam di medsos yang diupload secara tidak jelas dan tak bertanggungjawab,” katanya.

Satgas ini dikukuhkan pada dalam upacara gelar pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2018, Rabu (5/1/2018) lalu bersama sejumlah satgas lain. Di antaranya, Satgas Gakumdu, Satgas Pam VIP.

Satgas ini nantinya juga akan mengawasi media sosial jika ada unsur SARA atau fitnah di dalam kampanye. Tim akan berkoordinasi dengan tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) dalam penindakan.

“Tugasnya berpatroli melalui cyber patrol silahkan kalau masyarakat menemukan bisa kirim ke hastag #antiblackcampaignjawatengah,” tutur Condro.

Menurut dia, tim ini akan menindak kampanye hitam yang dilakukan perorangan. Sementara kampanye hitam yang dilakukan olem tim sukses pasangan calon, maka penangannya akan dilakukan oleh tim Gakkumdu pilkada.

“Jika ada dari media sosial resmi dari Parpol yang mendukung akan diserahkan penanganan ke sentra Gakkumdu. Kalau tidak ada namanya, kita telusuri proses melalui Undang-undang ITE, ini untuk mensinergikan,” ujarnya.

Kapolda memastikan, segala bentuk kampanye hitam akan langsung ditelusuri dengan cepat, untuk menghindari keributan atau persekusi antara pihak yang dirugikan dan pelaku.

“Cukup melihat spanduk yang menyinggung SARA, foto, kirim ke hastag #satgasantiblackcampaignjawatengah. Kita tangani dulu, kejar, cari muncul dari mana. Kita proaktif. Jangan sampai terjadi persekusi baru kita bertindak,” tegasnya.

Dalam pengamanan Pilgub Jateng dan pilkad adi tujuh daerah, Polda Jateng mengerahkan 21.566 personel. Jumlah ini masih ditambah kekuatan dari TNI sebanyak 6.000 personel dan Linmas 13 ribu personel.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.