Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

3 Rumah di Banyumas Ambruk Kena Longsor, Bayi Umur 3 Tahun Nyaris Tertimbun

0 142

MuriaNewsCom, Banyumas – Sebanyak tiga rumah di Desa Kaliwangi, Kecamatan Purwojadi, Kabupaten Banyumas, Rabu (10/1/2018) malam roboh akibat tertimbun longsor. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, setelah penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

Di dalam rumah yang ambruk saat kejadian ada seorang bayi yang berumur tiga tahun. Beruntung balita ini berhasil diselamatkan ibunya, beberapa saat sebelum bukit di belakang rumah mereka longsor.

Bencana tanah longsor di dukuh Grumbul Pamrih ini bermula dari hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas sejak sore. Akibatnya tebing di desa itu longsor dan menimbun tiga rumah yang ada di bawahnya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Kusworo mengatakan, tiga rumah yang tertimbun terdiri dari dua rumah milik Rosadi (60) dan satu unit rumah milik Sito (37). Keduanya warga Grumbul Pamrihan RT 02 RW 04, Desa Kaliwangi.

“Berdasarkan keterangan korban, sebelum terjadi tanah longsor itu, Sito mendengar suara gemuruh, sehingga ia segera keluar untuk melihat kondisi sekitar rumah. Sesampainya di halaman, Sito melihat tanah di bukit di atas rumah tampak bergerak ke arah rumahnya,” katanya.

Mengetahui ada bahaya di bukit atas rumahnya, ia bergegas memenggil istrinya agar segera keluar dengan menggendong anak mereka yang masih berusia tiga tahun ke luar rumah.

Beruntung balita bernama Alfira Putri itu bisa diselamatkan sebelum rumah mereka tertimbun longsoran bukit. Di dalam rumah Sito juga ada kedua orang tuanya yang sudah tua, mereka juga berhasil menyelamatkan diri.

Setelah seluruh penghuni rumah menyelematkan diri, material longsoran dari atas bukit itu menimbun rumah Sito dan selanjutnya bergerak menuju dua rumah milik Rosadi dan akhirnya tiga rumah semipermanen itu ambruk hingga rata dengan tanah.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor itu. Namun satu unit sepeda motor Supra X 125 yang berada di dalam rumah turut tertimbun longsor,” ujarnya.

Sejak Kamis (11/1/2018) pagi, relawan dan tim SAR dari BPBD langsung melakukan evakuasi longsoran.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.