Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Jadi Syarat Pemilih di Pemilu 2019, KPU Minta Pelayanan E-KTP di Jepara Ditingkatkan



Reporter:    /  @ 16:24:44  /  7 Desember 2017

    Print       Email

Pelayanan pengurusan kependudukan di Kantor Disdukcapil Jepara dipenuhi warga dari berbagai kecamatan di Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam pelayanan perekaman data KTP Elektronik (E-KTP). Hal itu seiring penggunaan tanda pengenal tersebut sebagai syarat memilih pada Pemilu 2019 saat memilih Legislatif dan Presiden. 

Ketua KPU Jepara M. Haidar Fitri mengatakan, pengalaman penggunaan E-KTP sudah diterapkan pada Pilbup 2016. 

“Disdukcapil sudah cukup progresif terkait proses perekaman data KTP saat itu. Saat ini pun proses perekaman masih dilakukan dengan turun ke desa-desa,” ujarnya, baru-baru ini.

Meskipun demikian, pihaknya menginginkan Disdukcapil melakukan peningkatan pelayanan terhadap hal tersebut. Hal itu karena berdasarkan peraturan baru yakni UU 7/2017 dan PKPU 7/2017 KTP Elektronik menjadi syarat mutlak seseorang bisa memilih wakilnya untuk duduk di DPR ataupun sebagai presiden. 

“Keseriusan itu (perekaman data ktp hingga tingkat desa) perlu ditingkatkan, karena hal ini (ktp) tidak hanya menyangkut urusan administratif semata akan tetapi sudah menjadi hak konstitusi seseorang karena berhubungan dengan hak pilih,” tuturnya. 

Kedepan, KPU Jepara akan menggencarkan sosialisasi terkait aturan tersebut kepada masyarakat. Pihaknya juga meminta parpol untuk dapat memberikan pendidikan politik bagi warga agar melek politik.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →