Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Website Desa di Grobogan Bakal Diseragamkan Pakai Domain desa.id



Reporter:    /  @ 19:18:03  /  6 Desember 2017

    Print       Email

Dinas Infokom Grobogan menggelar koordinasi dan fasilitasi pendaftaran domain desa.id pada kepala desa di Gedung Riptaloka, Rabu (6/12/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Penyeragaman domain website milik desa bakal dilakukan Pemkab Grobogan. Nantinya, 273 desa akan menggunakan nama domain yang sama, yakni desa.id.

Hal itu disampaikan Kabid Sistem Informasi Layanan E-Gov dan Statistik Dinas Infokom Grobogan Nuryasin, usai menggelar koordinasi dan fasilitasi pendaftaran domain desa.id di Gedung Riptaloka, Rabu (6/12/2017).

“Selama ini, domain yang dipakai pemerintah desa beda-beda. Ada yang pakai domain .com, org dan lainnya. Nanti akan kita seragamkan dengan domain desa.id,” katanya.

Menurut dia, kebijakan itu disesuaikan dengan pasal 86 dalam UU Nomor 6 Tahun 2016 tentang Desa. Dalam pasal tersebut menyebutkan, desa berhak mendapat akses informasi melalui sistem informasi  desa dan kawasan (Sideka).

Kemudian, pemerintah melalui Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) sudah membuat Sideka yang bisa digunakan oleh pemerintah desa. Salah satunya adalah penyediaan domain desa.id.

Jumlah desa di Indonesia ada sekitar 74 ribu dan di level Jawa Tengah mencapai 17 ribu desa. Hal ini berpotensi terjadinya nama yang sama.

Dalam membuat nama untuk website, sudah diatur. Formatnya, nama desa-kabupaten-desa.id. Contohnya, krangganharjo-grobogan.desa.id.

“Potensi nama saya juga bisa terjadi dalam satu kabupaten, seperti di Grobogan. Jika ada nama sama maka di belakang nama desa ditambah nama kecamatannya. Desa yang namanya sama pasti kecamatannya berbeda,” ujarnya.

Yasin menambahkan, pihaknya nantinya akan membantu mendaftarkan domain desa.id untuk semua desa di Grobogan. Setelah itu, pada tahun depan direncanakan memberikan pelatihan ke desa-desa cara menginput data dan masalah teknis lainnya. “Saat ini, baru kita lakukan sosialisasi pada desa soal domain desa.id tersebut,” sambungnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →