Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Artikel ini

4 Perlintasan KA di Jateng Akan Dibangun Flyover



   /  @ 16:38:15  /  6 Desember 2017

    Print       Email

Proses pembangunan Flyover, yover Palur. Pemprov Jateng mengajukan pembangunan empat flyover di perlintasan kereta api. (dokumen)

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah mengajukan pembangunan empat flyover di ruas jalan yang terdapat perlintasan rel kereta api. Pembangunan flyover itu diperkirakan akan mulai dilakukan pada 2018 mendatang.

Keempat perlintasan yang akan dibangun falyover yakni Perlintasan KA Mranggen, Purwosari Solo, Bojong Pekalongan dan Buntu Kroya Cilacap. Pembangunan ini diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Ciptakarya Jateng, Bambang NK mengatakan, tahap pertama yang akan dibangun adalah flyover Purwosari Surakarta.

“Yang di Solo sudah pasti dikerjakan tahun 2018. Sementara 3 yang lainnya sedang dilakukan pengajuan anggarannya,” ungkapnya di Gedung Berlian, Rabu (6/12/2017).

Dia menjelaskan, pembangunan flyover merupakan salah satu program penting guna mengurangi kemacetan yang sering terjadi di daerah daerah tersebut. “Selain sering macet, di daerah tersebut juga rawan kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Mengingat mahalnya beaya pembangunan flyover, jelas Bambang, maka anggarannya dimintakan kepada pemerintah pusat yakni Kementerian PU. sementara fisibility study (FS) dan DED dilakukan oleh Pemprov Jateng.

“Biayanya sangat mahal, tiap 1 km butuh anggaran sebesar Rp 100 miliar rupiah, oleh karena itu kita mintakan dari Kementerian PU,” ujarnya.

Bambang mengaku juga sudah meminta masukan ke DPRD Jateng terkait pembangunan Fly Over utamanya di perlintasan kereta api di Pasar Ganepo Mranggen Demak.

Pihak, dewan juga menyarankan agar pemprov mengajukan pembiayaan ke pemerintah pusat melalui APBN.

“Kita sudah sampaikan ke dewan juga, dan dikatakan ini harus ada intervensi dari Kementerian PU,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →