Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Jauh dari Harapan, Anggaran Progam Pengobatan Gratis di Kudus Hanya Dianggar Rp 9 Miliar



Reporter:    /  @ 17:30:18  /  6 Desember 2017

    Print       Email

Warga beraktivitas di halaman RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom).

MuriaNewsCom, Kudus – Anggaran untuk progam unggulan kesehatan gratis kelas tiga di tahun 2018 jauh dari harapan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus. Ini lantaran, dari usulan kebutuhan kesehatan gratis sebanyak Rp 20 miliar, hanya digedok Rp 9 miliar saja.

Kabid pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada DKK Mustianik, mengatakan sebenarnya awalnya DPRD hanya mengusulkan biaya kesehatan gratis sebanyak Rp 10 miliar. Karena kurang, pihaknya meminta tambahan anggaran sebanyak Rp 10 miliar lagi. Sehingga anggaran yang diusulkan Rp 20 miliar.

“Kalau perhitungan kami, kebutuhan selama setahun  progam kesehatan kelas tiga gratis Rp 20 miliar. Jika hanya Rp 9 miliar, otomatis kurang,” katanya kepada MuriaNewsCom, Rabu (6/12/2017).

Baca: Tunggakan Pengobatan Gratis di RSUD Kudus Tembus Rp 6 Miliar

Menurut dia, usulan Rp 20 miliar sebenarnya sudah disetujui dewan. Hanya, secara tiba-tiba saat Paripurna berlangsung, anggaran untuk itu berubah drastis menjadi Rp 9 miliar.

Ironisnya, dana Rp 9 miliar tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari progam kesehatan gratis. Termasuk untuk pengobatan di puskemas dan pengobatan di RSUD. 

Biaya tersebut, kata dia juga bakal digunakan untuk membayar hutang di 2017 sejumlah Rp 6 miliar. Praktis, DKK hanya memiliki sisa Rp 3 miliar yang akan dipergunakan untuk pengobatan di puskemas.

“Artinya apa, selama 2018 mendatang kami akan hutang ke RSUD Kudus untuk pengobatan kelas tiga gratis. Dan kami akan melunasi pada APBD perubahan tahun berikutnya,” ungkap dia.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →