Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Partai Politik di Jepara Ingin Jumlah Dapil di Kota Ukir Ditambah



Reporter:    /  @ 15:30:50  /  6 Desember 2017

    Print       Email

Anik Sholihatun (kanan) ketika menjelaskan terkait proses penataan dapil, saat rakor Penyusunan Dapil dan alokasi kursi di DPRD, Rabu (6/12/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sejumlah Partai Politik di Jepara menghendaki adanya pemekaran daerah pemilihan (Dapil) pada pemilu serentak 2019. Hal itu terungkap saat rapat koordinasi Penyusunan Dapil dan alokasi kursi di DPRD pada pemilu legislatif 2019, Rabu (6/12/2017) yang diselenggarakan oleh KPU Jepara. 

Komisioner KPU Jepara Anik Sholihatun mengatakan, penyelenggaraan acara tersebut merupakan amanat dari UU No 7/2017 dan PKPU 7/2017. Dalam peraturan tersebut, Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara dapat merekonstruksi Dapil. 

“Penataan dapil ini sifatnya terbuka, setiap kali momen pemilu dimungkinkan untuk melakukan penataan ulang. Maka ruang ini kami buka, kita meminta partisipasi publik dan juga parpol agar dalam penataan dapil tak hanya menggunakan perspektif dari KPU saja,” katanya, seusai acara yang diselenggarakan di Seaside hotel, Dukuh Sekembu, Desa Bandengan, Jepara. 

Berdasarkan pemilu tahun 2014, Jepara menggunakan lima dapil. Hal itu sesuai dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.137.608 orang. Di mana sesuai pasal 191 ayat 2, dengan jumlah penduduk melebihi satu juta maka kursi di DPRD setempat adalah 50. 

Anik menyebut, jika tetap menggunakan skema lima dapil sebenarnya masih cukup relevan. Namun, KPU sebagai penyelenggara tetap akan mendengar dan mempertimbangkan dengan masak masukan yang diberikan oleh parpol ataupun tokoh masyarakat. 

“Rancangan KPU bisa menjadi 5, 6 atau 8 dapil. Namun hal itu nantinya mempertimbangkan masukan parpol dan warga. Akan tetapi, perlu diingat boleh dilakukan pemekaran, asalkan memenuhi tujuh unsur penataan dapil. Selain itu kita menganut sistem proporsionalitas bukan pemerataan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, KPU Jepara berharap agar parpol mengirimkan usulan tertulis. Hal itu agar dapat ditelaah oleh lembaga tersebut. Adapun tujuh unsur penataan dapil adalah, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, koterminus, kohesivitas dan kesinambungan. 

Agus Sutisna anggota DPC PPP Jepara mengusulkan agar ada pemekaran dapil menjadi delapan wilayah. Hal itu agar terjadi pemerataan pembangunan. Hal itu diamini oleh Sugiyono Sekretaris DPD II Golkar Jepara, jika disetujui maka dengan 16 kecamatan, masing-masing dapil terdiri dari 2 kecamatan. 

“Nantinya biar kerja anggota DPRD bisa fokus, karena tidak mewakili wilayah yang terlalu luas,” ujar Sugiyono. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →