Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tunggakan Pengobatan Gratis di RSUD Kudus Tembus Rp 6 Miliar



Reporter:    /  @ 16:01:24  /  6 Desember 2017

    Print       Email

Sejumlah kendaraan parkir di halaman RSUD Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Program pengobatan gratis untuk kelas III di RSUD dr Loekmono Hadi yang dicanangkan Pemkab Kudus ternyata membuat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menunggak hingga Rp 6 miliar.

Kabid pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada DKK Mustianik mengatakan, tungakan tersebut merupakan jumlah akumulatif dari bulan Juni hingga November 2017. Hanya saja, jumlah tunggakan tersebut diprediksi akan makin banyak mengingat bulan Desember masih panjang.

“Tunggakan Rp 6 miliar itu akan kami lunasi di 2018. Karena sesuai dengan perjanjian, jika tunggakan belum terbayar maka pada tahun berikutnya bisa dilunasi,” katanya kepada MuriaNewsCom Rabu (6/12/2017).

Untuk itu, pihak Pemkab Kudus meminta masyarakat tak usah khawatir untuk berobat. Pihak rumah sakit juga diminta untuk memberikan pelayanan yang baik, meski saat ini memiliki hutang yang cukup tinggi.

Menurut dia, sebenarnya anggaran untuk satu dari sejumlah progam unggulan di Kudus itu mencapai Rp 9,375.500. Jumlah tersebut diperbolehkan dari APBD murni 2017 Rp 6 M dan sisanya dari perubahan.

“Ternyata masih kurang hingga Rp 6 M lebih. Namun bagaimanapun progam harus tetap berjalan dan akan kami lunasi,” ungkap dia. 

Ditambahkan, masyarakat Kudus yang belum tercover dalam BPJS Kesehatan, baik mandiri maupun perusahaan memiliki jumlah 200 ribu. Masyarakat itulah yang memanfaatkan progam kesehatan gratis, baik itu di puskemas maupun RSUD Kudus.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →