Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Sosialisasikan UMK 2018, Pemkab Kudus Buka Posko Pengaduan



Reporter:    /  @ 14:49:11  /  5 Desember 2017

    Print       Email

Buruh melakukan aksi di depan kantor Pemkab Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kudus sebesar Rp 1.892.500 untuk tahun 2018 terus disosialisasikan kepada para pengusaha. Hal itu dilakukan supaya buruh di Kota Kretek bisa mendapatkan upah sesuai dengan keputusan bersama.

Dalam sosialisasi tersebut, Pemkab juga membuka posko pengaduan buruh yang tak digaji sesuai dengan ketentuan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Bambang TW mengatakan, sebenarnya posko aduan yang berjalan sudah berlangsung lama. Tempatnya di kantor Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM.

“Bagi yang dirugikan perusahaan atau ada yang tidak diberikan haknya bisa langsung datang ke kantor. Akan kami bantu,” katanya kepada MuriaNewsCom

Untuk keamanan, lanjutnya, ia menjamin semua akan baik-baik saja. Karena itu, ia meminta buruh di Kudus tak perlu takut untuk melapor. Ia pun berjanji akan membantu hingga hak yang seharusnya didapat bisa diberikan secara penuh.

”Kadang ada yang khawatir dipecat. Kami pastikan itu tak akan terjadi. Identitas buruh akan kami jaga,” ungkapnya.

Di sisi lain, UMK Kudus memang sudah diputuskan Gubernur Jateng sesuai dengan usulan. Sehingga, Pemkab Kudus tinggal menindaklanjuti ke semua perusahaan dan mengawasinya.

“Sosialisasi sudah kami lakukan untuk perusahaan di Kudus, 29 Nopember lalu. Kami juga sudah memberikan surat kepada semua perusahaan di Kudus untuk membayar tenaga kerja sesuai dengan UMK 2018 nanti,” ujarnya

Dalam sosialisasi waktu itu, kata Bambang, perusahaan yang hadir adalah perwakilan perusahaan atau sejumlah 115 perusahaan. Meliputi perusahaan kecil, menengah dan besar. Selain perusahaan, sosialisasi juga diberikan kepada apindo, serikat pekerja, dewan pengupahan serta OPD.

Disebutkan, jumlah perusahaan di Kudus mencapai 798 perusahaan. Jumlah tersebut merupakan jumlah perusahaan yang terdata di Dinas Tenaga Kerja.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →