Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Di Kota Semarang, Pendertita Kanker Bisa Berobat Gratis



   /  @ 12:03:15  /  5 Desember 2017

    Print       Email

Ilustrasi (Pixabay)

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memberikan layanan kesehatan gratis kepada warganya yang menderita kanker. Apapun jenis kanker bisa di-cover dalam program Universal Health Coverage (UHC) yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Menurut dia, penderita kanker apapun di Kota Semarang bisa berobat gratis dengan program tersebut. Apalagi menurut dia, perkembangan penyakit kanker saat ini cukup serius.

“Tren penyakit kanker, terutama kanker payudara di Kota Semarang sangat memprihatinkan,” katanya.

Menurut dia, pada 2014 tercatat sebanyak 1.157 kasus kanker payudara, namun mampu ditekan pada 2015 menjadi 654 kasus. Akan tetapi, kata dia, pada 2016 grafik penderita kanker payudara meningkat lagi menjadi 749 kasus.

“Saya amat prihatin dengan tingginya penderita kanker payudara ini. Makanya, kami berharap bisa memberikan penanganan yang sifatnya lebih ke preventif atau pencegahan,” ujarnya.

Masyarakat Kota Semarang, kata dia, bisa melakukan pemeriksaan sebagai deteksi dini terhadap kanker payudara yang semuanya dilayani secara gratis tanpa syarat apapun.

Namun penderita yang memanfaatkan program ini jika harus menjalani perawatan di rumah sakit harus mau dirawat di ruang kelas III.

“Minimal melakukan tindakan preventif dengan pemeriksaan dini payudara. Apabila ternyata dinyatakan kanker stadium lanjut tetap akan diberikan fasilitas berobat dan kemoterapi gratis di ruang perawatan kelas III,” terangnya.

Yang jelas, kata Hendi, Pemerintah Kota Semarang berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi modal utama dalam pembangunan.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →