Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pemkab Grobogan Bakal Siapkan Database UMKM Potensial, Ini Tujuannya



Reporter:    /  @ 19:00:23  /  4 Desember 2017

    Print       Email

Pemkab grobogan saat melakukan rapat bersama pelaku UMKM. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Grobogan akan dijadikan dalam sebuah database tersendiri. Selain mencakup data keseluruhan, juga akan disiapkan database khusus UMKM yang dinilai potensial.

Hal itu disampaikan Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Pradana Setyawan, usai memimpin rakor monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kredit usaha rakyat (KUR) di ruang rapat setda lantai I, Senin (4/12/2017). Rakor yang dibuka Asisten II Ahmadi Widodo itu dihadiri perwakilan lembaga perbankan yang ada di Grobogan serta dinas terkait.

Dijelaskan, ada beberapa tujuan disiapkanya database UMKM Potensial tersebut. Salah satunya adalah untuk membantu dan memudahkan pihak perbankan ketika akan menyalurkan kredit pada UMKM yang ada di Grobogan. Database UMKM potensial nanti akan diupload melalui sistem informasi kredit program (SIKP) yang bisa diakses oleh lembaga perbankan.

“Database ini nanti akan diseleksi oleh dinas terkait yang selama ini membina UMKM tersebut, sehingga akses permodalan dapat dinikmati pengusaha kecil menengah di kabupaten Grobogan. Untuk bisa masuk kategori UMKM potensial dilakukan melalui beberapa aspek peniaian. Database UMKM potensial ini nantinya direkomendasikan oleh pemkab melalui SIKP dan bisa digunakan bank pelaksana KUR sebagai debitur potensial,” jelas pejabat yang lebih akrab dipanggil Danis itu.

Ia juga menyatakan, penyaluran KUR untuk kalangan UMKM sejauh ini dinilai cukup menggembirakan. Sebagai gambaran, penyaluran KUR pada tahun 2016 mencapai Rp 617 miliar yang disalurkan untuk 44.083 UMKM. Kemudian, pada tahun 2017 hingga bulan November, penyaluran KUR sudah berkisar Rp 500 miliar yang diberikan pada sekitar 30 ribu UMKM.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →