MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Biar Agama Tak Dijadikan Alasan Perpecahan, Begini Sikap Bupati Pati

133
Sarasehan forum kerukunan umat beragama (FKUB) yang diikuti kepala sekolah se-Pati digelar di Kantor eks-Bakorwil Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tokoh agama di Pati diminta untuk ikut memiliki peran aktif dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto dalam sarasehan Forum Kerukunan Umat Beragama di Kantor eks-Bakorwil Pati, Sabtu (2/12/2017).

“Kami mohon kepada para tokoh agama dan kepala sekolah bisa menyampaikan kepada masyarakat dan anak-anak tentang pentingnya kerukunan umat beragama dengan menumbuhkan karakter kebangsaan,” ujar Haryanto.

Selama ini menurut dia, agama kerap dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyulut perpecahan. Hal itu didukung dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang karakter kebangsaan.

Untuk itu, Haryanto juga meminta kepada orang tua dan semua lapisan masyarakat untuk ikut berperan dalam menanamkan karakter kebangsaan. Dengan cara itu, kerukunan antarumat beragama dinilai akan berjalan dengan baik.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati Achmad Khoiron mengatakan, hubungan umat lintas agama di Pati selama ini berjalan dengan baik. Bahkan, dia menyebut belum ada konflik horizontal di Pati yang mendasarkan pada isu agama.

Kendati begitu, Khoiron merasa silaturahmi antarumat beragama perlu dilakukan secara intensif dalam rangka menjaga kerukunan yang selama ini sudah berlangsung dengan baik.

“Sarasehan FKUB dilakukan bukan karena ada konflik, tetapi sebagai upaya untuk menjaga supaya hubungan yang harmonis tetap terjaga,” imbuhnya.

Dalam sarasehan yang diikuti seluruh kepala SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Pati tersebut diharapkan bisa menjadi sarana untuk belajar menghormati, menghargai, memperkaya dan memperkuat karakter kebangsaan.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.