MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Debit Air Waduk di Gembong Dinyatakan Aman, Pati Dipastikan Bebas Banjir Bandang

285
Petugas kepolisian sedang mengecek debit air di Waduk Seloromo, Gembong. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Debit air waduk Seloromo dan Gunungrowo di Kecamatan Gembong dinyatakan aman. Karena itu, kawasan Pati yang mendapatkan aliran kedua waduk tersebut dipastikan bebas banjir bandang.

Kapolsek Gembong AKP Giyanto yang melakukan pengecekan di kedua waduk tersebut mengatakan, Waduk Gunungrowo saat ini memiliki volume air 350.000 meter kubik. Sementara Waduk Seloromo bervolume air 668.415 meter kubik.

“Kapasitas Waduk Gunungrowo bisa menampung 5,1 juta meter kubik, sedangkan Waduk Seloromo berkapasitas 9,5 meter kubik. Jadi, meski hujan lebat, tetapi kami pastikan aman karena masih bisa menampung jutaan meter kubik air,” kata AKP Giyanto, Jumat (1/12/2017).

Menurutnya, pengecekan kedua waduk tersebut sangat penting karena sangat berbahaya bila debit air meluap. Karenanya, pihaknya ingin memastikan kedua waduk tersebut masih memiliki debit air normal di tengah intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Sanusi Siswoyo menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati untuk menyiapkan langkah strategis bila terjadi luapan di Waduk Gunungrowo dan Seloromo.

“Kalau sampai kedua waduk itu meluap, dampaknya cukup berbahaya. Bisa terjadi banjir bandang di wilayah Pati bagian bawah. Namun, kami akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyiapkan langkah khusus bila memang terjadi luapan,” tutur Sanusi.

Salah satu langkah yang akan dilakukan, di antaranya pemberian informasi secara dini jika terjadi luapan. Dengan begitu, masyarakat Pati di wilayah bawah bisa waspada sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan adanya banjir bandang dari luapan dua waduk di Gembong.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.