Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Imbau Warga Pati Lakukan 3 Hal Ini



Reporter:    /  @ 11:13:07  /  1 Desember 2017

    Print       Email

Polisi dan masyarakat mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah akibat angin puting beliung di Desa Karangrowo, Jakenan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Hujan berintensitas tinggi terjadi di hampir semua wilayah di Kabupaten Pati dalam beberapa hari terakhir. Hujan rata-rata berlangsung cukup lama disertai dengan angin kencang.

Akibatnya, sejumlah pohon bertumbangan hingga menyebabkan kerusakan pada puluhan rumah yang tersapu angin puting beliung. Salah satunya yang terjadi di Desa Sugiharjo dan Karangrowo.

Baca: Puluhan Rumah di Karangrowo Pati Juga Hancur Diterjang Lisus

Melihat situasi tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Sanusi Siswoyo mengimbau kepada masyarakat untuk waspada. Pasalnya, potensi bencana saat hujan lebat disertai angin kencang cukup tinggi.

“Kami mengimbau kepada warga Pati untuk selalu hati-hati dan waspada, terutama daerah yang rawan mengalami banjir, longsor, dan angin puting beliung. Kami bersama instansi terkait sudah siap siaga, tetapi kewaspadaan itu sangat diperlukan,” ujar Sanusi.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan warga selama cuaca ekstrem dan hujan berintensitas tinggi. Pertama, pemetaan lokasi yang aman untuk berlindung bila terjadi hujan lebat dan angin puting beliung.

Baca: Rumah di Sugiharjo Pati Roboh Dihantam Angin Puting Beliung

Kedua, masyarakat diminta tertib lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Pasalnya, sebagian besar warga masih membuang sampah di sungai dan saluran air lainnya.

Ketiga, orangtua diimbau untuk selalu mengawasi anak-anak saat bermain ketika hujan berlangsung. Saat ini, cuaca cenderung ekstrem sehingga hujan dibarengi dengan angin kencang.

“Kalau ada anak bermain hujan-hujanan, sebaiknya diawasi. Soalnya cuaca tidak seperti biasanya. Hujan yang turun disertai angin kencang sehingga harus meminimalisasi risiko yang terjadi,” imbuhnya.

Baca: Enam Rumah di Dua Kelurahan di Jepara Roboh Dihantam Ombak

Saat musim hujan berlangsung, sejumlah daerah di Pati diakui berpotensi terkena bencana. Di kawasan pegunungan dan perbukitan, bencana yang terjadi biasanya longsong.

Di wilayah Pati selatan dan timur, bencana yang kerap terjadi merupakan angin puting beliung. Sementara di kawasan datar, potensi terkena banjir bandang ada bila air dari pegunungan menggelontor ke bawah.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →