Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kapolda Jateng Siapkan 1.207 Personel  Àntispasi Bencana di Jawa Tengah



Reporter:    /  @ 10:09:54  /  1 Desember 2017

    Print       Email

Puluhan jemaah pengajian mengikuti poengajian bersama Mbah Maemoen Zubair yang dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono di Mapolres Kudus, Kamis (30/11/2017) malam. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kapolda Jateng Ispektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 1.207 personel untuk mengantisipasi bencana alam di wilayah Jawa Tengah. Ribuan personel tersebut sudah terlatih khususnya dalam penanganan bencana.

”Ini merupakan cara menyikapi risiko tinggi dengan adanya perubahan cuaca,” katanya saat ngaji bareng di Mapolres Kudus, Kamis (30/11/2017) malam.

Menurut dia, selain menyiapkan petugas yang di Jateng, Polda Jateng juga menyiapkan Brimob untuk diberangkatkan ke Bali untuk penanggulangan bencana Gunung Agung. Jumlahnya, mencapai 500 petugas.

”Petugas sudah siap, tinggal menunggu instruksi dari mabes polri saja untuk pemberangkatannya. Semuanya sudah terlatih untuk siaga bencana, terutama dari Samapta Bhayangkara (Sabhara),” ungkap dia. 

Selain ke Bali, lanjutnya, Polda Jateng juga mengirim anggota ke wilayah jalur rawan bencana atau daerah yang mengalami bencana, seperti Karanganyar, Purworejo dan lainya.

Sedangkan sebagian personel masih dipersiapkan di markas menunggu jajarannya yang meminta bantuan untuk diturunkan.

”Pokonya kita siap siaga. Termasuk yang di wilayah hukumnya, kami siap siaga selama 24 jam. Jadi kalau ada bencana silahkan hubungi polres terdekat,” tegasnya.

Meski begitu, guna berjaga-jaga, Kapolda juga mengingatkan masyarakat agar lebih waspada. Terlebih saat memutuskan berlibur ke pantai, yang mana memiliki risiko tinggi dengan adanya perubahan cuaca gelombang tinggi.

”Sebagaimana diketahui, dengan adanya siklon tropis Cempaka telah menyebabkan perubahan cuaca. Untuk itu, jika berada di wilayah pantai harus lrbi waspada,” katanya.

Ia menyebutkan, jajaran kepolisian juga disiapkan untuk memantau obyek wisata seperti pantai. Pihaknya tak menginginkan jika ada hal yang tak diinginkan sampai terjadi. Apalagi pada hal yang sudah diantisipasi.

”Personel Polda Jateng yang memiliki keahlian bidang kebencanaan juga siap diperbantukan untuk daerah-daerah rawan bencana yang memang membutuhkan bantuan,” ungkap dia. 

Ditambahkan, jajaran juga diimbau agar rajin – rajin melihat dan memonitor perkembangan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →