Kamis, 28 Maret 2024

Jangan Posting Meresahkan, Tim Cyber Patrol Polda Jateng Semakin Rajin Patroli di Medsos

Murianews
Kamis, 23 November 2017 14:38:00
Ilustrasi
Murianews, Semarang – Pengguna akun media sosial harus lebih hati-hati saat mengunggah status di media sosial. Apalagi jika status yang diunggah berbau SARA, meresahkan, dan berita bohong (hoax).

Pasalnya, tim Cyber Patrol di jajaran Polda Jateng tengah gencar melakukan patroli di internet. Termasuk juga melakukan patroli di seluruh jaringan media sosial (medsos).

Terlebih tahun 2018 mendatang merupakan tahun politik, di mana di Jateng akan digelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pilkada di beberapa kabupaten.

”Berbagai kerawanan bisa muncul menjelang Pilkada, salah satunya melalui dunia maya (medsos) yang dapat menimbulkan terjadinya konflik, sehingga diperlukan patroli siber,” kata Kabid Humas Polda Jateng, AKBP Agus Triatmaja, Kamis (23/11/2017).

Ini dikatakan Agus saat membuka pelatihan cyber patrol yang digelar di hotel Nugraha Wisata, Jalan Raya Bandungan – Sumowono, Kamis hari ini. Menurutnya, memaksimalkan patroli siber sebagai salah satu sarana untuk mengantisipasi potensi kerawanan menjelang Pilkada, agar situasi kamtibmas tetap kondusif.

Ia menyebut, kemajuan teknologi memberi dampak positif dalam memudahkan aktivitas manusia. Meski demikian, ada sisi negatif di mana banyak orang yang menyalahgunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat menimbulkan keresahan dan bahkan konflik di dunia maya.

Baca : Cyber Patrol Polda Jateng Bakal Sisir Penyebar Ujaran Kebencian di Pilkada 2018

Menurutnya, sering muncul pemberitaan ataupun konten di internet yang sifatnya dapat memecah belah dan keresahan di tengah masyarakat. Oleh karenanya diperlukan upaya-upaya untuk meng-counter terhadap pemberitaan negatif tersebut.

“Inilah pentingnya peran humas dan cyber patrol. Salah satunya yaitu untuk mendeteksi keberadaan konten/berita negatif yang dinilai dapat memecah belah atau menimbulkan keresahan,” terangnya.

Kasubbid PID Polda Jateng, AKBP Yudi menuturkan, peran humas melalui cyber patrol sangatlah penting dalam mengcounter berita negatif yang ada di dunia maya. Sehingga dapat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar