Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

INSPIRATIF, Kisah Gitaris Muda Asal Purworejo yang Moncer sampai Luar Negeri



   /  @ 18:53:31  /  14 November 2017

    Print       Email

Robi Handoyo (23), gitaris muda asal Desa Wonoenggal, Kecamatan Grabag, Purworejo. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Purworejo – Hebat, begitulah kata yang mewakili prestasi pemuda asal Purworejo ini. Adalah Robi Handoyo (23), gitaris muda asal Desa Wonoenggal, Kecamatan Grabag, Purworejo. Sebab, Robi menyabet Juara 1 Solo Gitar Kategori Umum pada Kompetisi Gitar Klasik IV di Universitas Negeri Jakarta.

“Total peserta pada kompetisi ini sebanyak 56 orang. Saya ikut di kategori umum dengan jumlah peserta sebanyak 26 orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Alhamdulillah juara pertama,” kata Robi, Selasa (14/11/2017) dikutip dari Sorot.co.

Perhelatan saat itu juga diisi masterclass dan konser oleh gitaris luar negeri yakni Giordano Passini dari Italy dan Oliver Pletscher dari Swiss. Ada juga beberapa maestro gitaris klasik Indonesia seperti Royke B Koapaha, Heri Budiawan, Edy Husni Rachim, dan Jubing Kristianto.

Selain konser dan masterclass mereka juga menjabat sebagai juri dalam kompetisi ini,” sebutnya.

Totalitas Robi saat tampil berhasil memikat perhatian juri dan menobatkannya menjadi yang terbaik. Selain penghargaan dan sejumlah uang pembinaan, Roby juga memboyong sebuah gitar handmade Saefull Luthier senilai Rp15 juta.

Saefull Luthier merupakan sponsor dalam acara itu. Sebelumnya, Robi juga tampil dalam Valerio International Guitar Festival pada bulan Agustus 2017 di Yogyakarta dan meraih Juara 3 kategori Solo Open Kategori. Ia juga menyabet Juara 3 kategori ensemble bersama nocturnal guitar quartet yang beranggotakan Adi Suprayogi (Magelang) Gita Puspita Asri (Solo), dan Vaizal Andrians (Mojokerto).

Lalu pada bulan yang sama Robi juga mengikuti Tarrega Malaysia International Guitar Festival 2017 di Kuala Lumpur Malaysia. Pada kompetisi tersebut ia mendapat Juara 2 solo open category dan champion atau Juara 1 pada ensemble category bersama nocturnal guitar quartet.

Dia juga berhak mendapat hadiah tour concert di Malaysia pada tahun depan. Pada tahun 2018 mendatang, ia juga bakal kembali mengikuti sedertan kompetisi international. Beberapa di antaranya Valerio International Guitar Festival 2018, Japan International Ensemble Guitar Festival 2018, Hanoi International Guitar Festival 2018 di Vietnam, dan Claxica International Guitar Competition, di Bologna, Itali.

Sejak 2012, Robi memang mengolah kemampuan bermusiknya dengan belajar di jurusan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →