Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tiga Desa di Jepara Berada di Lereng Gunung Muria Ini Rawan Bencana



Reporter:    /  @ 15:35:56  /  14 November 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Tiga desa di kawasan Lereng Gunung Muria bagian barat, rentan ancaman banjir bandang dan longsor. Ketiganya adalah Desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, dan Desa Tempur, serta Desa Damarwulan yang berada di Kecamatan Keling. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Lulus Suprayitno, Selasa (14/11/2017). Menurutnya, ancaman itu seiring wilayah Jepara yang telah memasuki musim penghujan.

Selain itu, perubahan perilaku dalam pemanfaatan alam juga ditengarai sebagai penyebab tiga desa tersebut terancam longsor dan banjir bandang setiap musim hujan datang. Menurutnya, saat ini tumbuhan yang banyak ditanam adalah sengon dan jabon.

Dikatakan Lulus, pepohonan seperti sengon dan jabon tidak mengikat tanah dengan kuat. Karena, batang pohon tersebut seringkali dipotong untuk kemudian dijual.

Hal itu tidak seperti pohon kopi, yang sebelumnya banyak tertanam di wilayah tersebut. Oleh karenanya, ia meminta warga untuk waspada terutama mendekati puncak musim hujan.

“Sesuai prakiraan dari BMKG, hujan lebat akan mulai terjadi pada bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Curah hujan bisa mencapai 300 mililiter perdetik,” katanya.

Oleh karenanya, pihaknya telah menempuh berbagai cara untuk mengurangi risiko bencana. Di antaranya membentuk komunitas pengurangan risiko bencana dan pemasangan rambu-rambu peringatan bahaya longsor di sejumlah titik.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →