Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kesadaran Rendah, Tempat Wisata di Jepara Masih Banyak Sampah



Reporter:    /  @ 18:10:48  /  31 Oktober 2017

    Print       Email

Kegiatan pungut sampah yang dilakukan di Pantai Semat, Kecamatan Tahunan, Minggu (29/10/2017). (GPS Jepara)

MuriaNewsCom, Jepara – Jepara kondang dengan berbagai spot wisatanya, namun pada sebagian tempat permasalahan sampah masih saja ditemukan. Catatan Komunitas Gerakan Pungut Sampah (GPS), mereka seringkali menemukan sampah dilokasi wisata, bahkan mencapai puluhan hingga ratusan kilogram. 

“Terakhir kali aksi pungut sampah dilaksanakan di Pantai Semat. Hasilnya kami memungut sampah sekitar 50 kilogram. Sampah tersebut terserak hampir disepanjang areal tersebut,” kata Kemal Eko, seorang pegiat GPS Jepara, Selasa (31/10/2017). 

Selain di Pantai Semat, kegiatan GPS yang telah dimulai sejak 2015 tersebut juga menyasar lokasi lain. Hasilnya sama, pelancong ataupun warga sekitar acuh terhadap sampah yang mereka hasilkan. Seperti di Pantai Teluk Awur dan Pantai Kartini. 

“Di Pantai Kartini kami melakukan kegiatan pembersihan sebanyak dua kali. Hasilnya sama, masih banyak sampah yang ditemukan. Di tempat pariwisata lain yakni Hutan Karet yang ada di Kelet, sampah wisatawan yang ditemukan bahkan mencapai satu truk, setelah hari raya Idul Fitri kemarin. Sampah dihasilkan oleh mereka yang berwisata tapi meninggalkan begitu saja sampahnya,” imbuhnya. 

Selain rendahnya kesadaran pelancong, masih minimnya fasilitas tempat sampah. Hal itu menyebabkan wisatawan menjadi malas untuk mengurus sampah yang dihasilkan. 

Untuk mengurangi produksi sampah diperlukan intervensi dari pemerintah. Campur tangan itu, menurut Kemal, adalah upaya untuk memberikan contoh. 

“Turun tangan ikut mengajak warga dalam menjaga kebersihan itu penting. Seperti halnya walikota Bandung yang ikut ber-GPS. Ajak warga dalam kegiatan bersih-bersih tiap minggu sekali,” tutup Kemal. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →