Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Anggota Saka Wanabakti Temukan Bunga Bangkai di Hutan Regaloh Pati



Reporter:    /  @ 13:54:00  /  31 Oktober 2017

    Print       Email

Anggota Saka Wanabakti saat menemukan Bunga Raflesia di kawasan hutan Regaloh, Tlogowungu, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bunga bangkai atau Raflesia kembali ditemukan di Pati. Kali ini, bunga langka itu ditemukan di hutan Regaloh, setelah sebelumnya di kawasan hutan Durensawit, Kayen.

Mohammad Safi’i, anggota Saka Wanabakti Pati yang menemukan bunga bangkai itu mengaku terkejut. Sebab, bunga tersebut tumbuh secara individu dan tidak ada bunga sejenis di lokasi lainnya.

“Waktu itu saya melakukan penelusuran hutan, dimulai dari Bumi Perkemahan Regaloh menuju alas Lamin. Saat kembali ke perkemahan, ada bunga bangkai,” ujar Safi’i, Selasa (31/10/2017).

Temuan itu sempat membuat kagum anggota Saka Wanabakti lainnya. Mereka yang konsen pada kegiatan pelestarian alam itu, berharap agar bunga langka tersebut tetap lestari di kawasan hutan Regaloh maupun hutan-hutan lainnya di Pati.

Sejauh ini, sambung dia, bunga bangkai biasa ditemui di Bogor dan Sumatera. Bunga bangkai juga sudah masuk dalam kategori spesies langka.

Dia berharap, keberadaan tanaman tersebut bisa dijaga dengan baik, sehingga kelestariannya selalu terjaga. Pasalnya, kemunculan bunga bangkai secara bersamaan di hutan yang berbeda di Pati disebut menjadi fenomena cukup langka.

“Kalau bunga Raflesia bisa menjadi tanaman endemik di Pati itu luar biasa. Artinya, Pati nanti punya kekayaan flora bunga Raflesia ungu yang menjadi daya tarik tersendiri,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Baca : Bunga Bangkai yang Tumbuh di Hutan Durensawit Pati Hebohkan Warga

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →