Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Viral, Beredar Foto Siswi Bercadar di Tegal, Ini yang Terjadi



   /  @ 19:42:11  /  30 Oktober 2017

    Print       Email

Siswi mengenakan cadar mengikuti kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Tegal. (Facebook)

MuriaNewsCom, Slawi –  Beredar foto siswi bercadar yang sedang berada di kelas. Foto itu terpajang di media sosial Facebook. Di keterangan foto tertulis,  SMK Attholibiyah Bumijawa Kabupaten Tegal.

SMK Attholibiyah ada di Jalan Mobok Karsih, Desa Muncanglarang, RT 001 RW 004, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Bangunan menyatu dengan kompleks Pondok Pesantren Attholibiyah.

Kepala SMK Attholibiyah, Kustanto Widyamoko, kepada wartawan membenarkan jika foto siswi bercadar yang jadi viral, memang benar adanya. Seperti di kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) itu, semua siswi memakai cadar hitam.

Seragam mereka bawahan abu- abu dan atasan putih beserta lambang osis di dada dan identitas sekolah. Kerudungnya sama seperti yang dikenakan siswi di sekolah lain, hanya saja ada tambahan kain cadar yang menutupi wajah.

“Foto (foto viral siswi bercadar) itu benar. Siswi sudah setahun atau dari 2016 memakai cadar, sebelumnya tidak,” kata Kustanto.

Pemakaian cadar yang dilakukan siswi juga merupakan keputusan dari pondok pesantren tersebut.  Sebab pihak pengasuh ingin agar siswi bisa lebih terjaga moralnya.

Ketua Yayasan Attholibiyah, Habib Sholeh Al Athos, mengatakan, cadar yang diberlakukan untuk siswi adalah inisiatif pondok. “Itu merupakan inisiatif dari pengasuh pondok,” kata Habib Sholeh.

Jadi bukan berarti pondok pesantren mengajarkan siswi mengikuti aliran paham radikal. Pengasuh pondok pesantren  khawatir jika pemakaian cadar tidak dilakukan, maka banyak yang berpacaran.

“Makanya, untuk menutup wajah, pemakaian cadar diberlakukan. Cukuplah suami mereka yang tahu wajah mereka,” ucapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →