Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pemkab Grobogan Jalin Kerjasama dengan UGM Siapkan Ranperda Pelestarian Cagar Budaya



Reporter:    /  @ 17:19:08  /  30 Oktober 2017

    Print       Email

Berbagai perwakilan instansi terkait sedang melangsungkan rapat koordinasi pembuatan Raperda pelestarian cagar budaya di kantor Disporabudpar Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Makin maraknya penemuan benda purbakala dan cagar budaya peninggalan masa lampau disikapi serius oleh Pemkab Grobogan melalui Disporabudpar.

Salah satunya dengan menyiapkan sebuah Raperda khusus mengenai pelestarian cagar budaya. Hal itu disampaikan Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto, Senin (30/10/2017).

”Untuk pelestarian benda cagar budaya kita harapkan bisa diatur dalam sebua peraturan daerah (Perda). Saat ini, kita masih dalam tahap merumuskan draft rancangan perda (Raperda)terlebih dahulu,” jelasnya.

Dalam merumuskan draft Raperda, terlebih dahulu dibahas dengan beberapa pihak yang berkompeten. Selain dari Disporabudpar, ada pihak dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Grobogan, bagian hukum, dan lembaga yang menangani masalah kepurbakalaan dan cagar budaya.

Selain itu, pihaknya juga menggandeng kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. (UGM). Nantinya, pihak UGM akan membantu merumuskan draft Raperda yang selanjutnya akan diajukan pada DPRD Grobogan untuk dibahas lebih lanjut.

Marwoto menambahkan, dalam merumuskan raperda pelestarian cagar budaya, akan dilakukan pula studi referensi ke daerah lain. Antara lain, ke Kabupaten Mojokerto dan Magelang.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →