Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Artikel ini

Pacu UMKM, Tahun Depan Ekonomi di Jateng Harus Menanjak 6,2 %



   /  @ 15:06:53  /  30 Oktober 2017

    Print       Email

Aktivitas UMKM di Jateng di bidang konveksi. Pemprov mendorong UMKM memanfaatkan Sadewa Market yang difasilitasi Pemprov Jateng. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menargetkan perekonomian di provinsi ini tumbuh pesat. Targetnya, pertumbuhan ekonomi harus naik menjadi 5,9-6,2 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sri Puryono yakin target itu bisa terpenuhi. Hal ini melihat potensi UMKM, pertanian dan industri yang terus berkembang.

Pihaknya juga mendorong pengembangan ekonomi daerah berbasis potensi UMKM dan industri kecil menengah (IKM). Apalagi sudah ada fasilitas Sadewa Market yang tidak hanya sebagai gerai online, tapi juga melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM.

“Kita punya Sadewa Market untuk mendata UMKM dan sekaligus membantu pemasaran atas produk mereka. Dengan data yang valid, maka kesulitan-kesulitan mereka dapat kita ketahui, sehingga bisa segera diberikan intervensi bantuan,” katanya.

Ditambahkan, selain UMKM dan IKM, sektor pertanian juga terus dibangun, baik dari sisi on farm maupun off farm. Sektor pertanian pun didorong untuk “melek” teknologi. Dari mulai penggunaan kartu tani, hingga pemasaran secara online melalui regopantes.com

Di bidang industri, pihaknya mendorong peningkatan investasi dengan berbagai kemudahan perizinan, penyediaan infrastruktur yang memadai, serta menyediakan tenaga kerja terampil. Penyediaan tenaga kerja terampil yang sesuai dengan keinginan investor dilakukan melalui pendidikan vokasional dan pelatihan-pelatihan.

Sektor pariwisata, terang sekda, juga terus dibenahi, mengingat pertumbuhan pariwisata akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat. Saat ini, pihaknya tengah mengembangkan penataan pariwisata yang terintegrasi antara objek satu dengan yang lain.

“Saya pastikan Jateng akan terus berkreasi untuk memajukan sektor ekonomi di tahun depan. Tahun 2018 kita optimistis menetapkan angka pertumbuhan ekonomi 5,9-6,2 persen,” bebernya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →