Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Helmi Salsa Anggara, Bocah 10 Tahun Asal Kudus yang Jago Main Gendang Sejak TK



Reporter:    /  @ 12:31:51  /  30 Oktober 2017

    Print       Email

Helmi Salsa Anggara saat manggung di acara sosialisasi Pilkada KPU Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Helmi Salsa Anggara, warga Desa Besito Gang VI, Kecamatan Gebog, Kudus ini bisa dibilang bukan anak biasa. Di usianya yang baru 10 tahun, ia sudah sangat dikenal di kalangan pencinta musik dangdut sebagai penabuh gendang profesional.

Angga, begitu ia biasa dipanggil mengaku, sudah mengenal gendang sejak kecil. Bahkan sebelum masuk dunia sekolah ia sudah biasa bermain alat musik yang berbahan baku kulit lembu tersebut.

Hal itu tak lepas dari darah seniman yang diturunkan sang ayah. Maklum saja, ayahnya merupakan penabuh gendang salah satu orkestra terkemuka di Kudus. Setiap hari ia melihat sang ayah bermain gendang dan mulai kepincut sejak usia kurang dari tiga tahun.

“Sàya belajar dari ayah. Rasanya senang saat bermain gendang, ada kepuasan tersendiri. Makanya sampai kini masih memainkan” katanya kepada MuriaNewsCom usai manggung di acara jalan sehat KPU Kudus.

Siswa SD 2 Besito itu mengatakan, bermain kendang merupakan hal yang gampang. Tak jarang, karena kepiawaiannya itu dia beberapa kali manggung dalam pentas orkes memegang musik kendang.

Supriyadi, ayah Angga mengatakan kalau anaknya itu merupakan anak ketiga dari tiga bersuara. Semuanya suka bermain musik, termasuk juga dengan dua kakaknya. 

“Kalau kakaknya bermain orgen, hanya dia (Angga) saja yang suka bermain gendang,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut dia, Angga memang berbakat bermain musik gendang. Bakat itu sudah muncul sejak berusia tiga tahun yang suka nonton ketoprak. Terlebih saat memainkan kendang, anaknya sangat suka memperhatikannya.

Dari sanalah anaknya mulai berlatih kendang kepadanya. Setelah itu, saat berada di bangku taman kanak-kanak ia sudah berani manggung. Dari situlah banyak yang kagum melihat anak kecil sudah pandai bermain kendang.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →