Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Bangkai Kapal Dharma Kencana yang Terbakar Masih Terombang-ambing di Laut



   /  @ 11:30:07  /  30 Oktober 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Semarang – Kapal motor (KM) Dharma Kencana II yang terbakar di periran Karimunjawa, Jepara, pada Minggu (29/10/2017) subuh, hingga kini masih berada di lautan lepas. Kapal tersebut tidak tenggelam akibat terbakar, namun juga tak terikat pada tambatan.

Kapal yang mengangkut ratusan penumpang dan kendaraan itu, terbakar pada 47 mil barat laut Pulau Karimunjawa, tepatnya pada koordinat 05 04 858’S // 109 53 900′ E. 

Proses evakuasi penumpang telah selesai dilakukan, sementara proses penyelidikan penyebab kebakaran kapal dengan rute Semarang-Pontianak itu masih berlangsung. Kapal dalam kondisi kosong, meski masih mengeluarkan asap akibat kebakaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang Gajah Rooseno menyebut, dengan kondisi kapal yang tak terikat memungkinkan terjadinya kecelakaan.

”Kapal tidak tenggelam. Namun kondisinya yang tak terikat tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan PT Dharma Lautan Utama sebagai operator KM Dharma Kencana II, untuk melakukan evakuasi bangkai kapal.

Sementara itu, terkait dugaan terbakarnya kapal masih terus diselidiki. Menurut dia, ada beberapa dugaan yang memicu kebakaran, seperti puntung rokok yang lupa dimatikan, serta kemungkinan gesekan muatan.

Baca : KM Dharma KencanaTerbakar di Perairan Karimunjawa, Penumpang Dievakuasi

Sebelumnya Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Marwansyah mengatakan jika seluruh proses evakuasi berjalan lancar. seluruh penumpang telah dievakuasi ke Pelabuhan Kumai. Ia menjelaskan, kapal Dharma Kencana II berangkat dari Semarang menuju Pontianak, pada Sabtu (28/10/2017) sore pukul 17.00. 

“KSOP Tanjung Emas Semarang langsung bertindak dan memimpin proses evakuasi kapal tersebut, begitu mendapatkan laporan terbakarnya kapal itu,” kata Marwansyah.

Ia menyebut, KM Kirana I yang sedang berlayar di dekat kapal yang nahas itu berperan besar dalam proses evakuasi. 

“Saya mengapresiasi bantuan Kapal KM Kirana I tujuan Kumai yang memutar haluan untuk membantu mengevakuasi penumpang sehingga bisa diselamatkan,” tuturnya.

Ada sembilan kapal yang dikerahkan untuk membantu dan memastikan bantuan penyelamatan penumpang. Di antaranya kapal KPLP KNP 203, kapal Polair, Kapal Basarnas KN 231 Sadewa, kapal TNI AL KRI Soputan dan beberapa kapal swasta seperti KMP Kirana I, KMP Kelimutu, KMP Express Bahari, Kam Tanto Jaya dan TB Citra.

Editor : Ali Muntoha

Baca : Seluruh Penumpang KM Dharma Kencana II yang Terbakar Selamat

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →