Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Enam Toilet Umum Dibangun di Titik Wisatawan Karimunjawa 



Reporter:    /  @ 15:54:07  /  28 Oktober 2017

    Print       Email

Proses peletakan batu pertama pembangunan toilet umum di Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak enam toilet umum dibangun di kawasan wisata Ujung Gelam, Karimunjawa, Jepara. Pembangunan yang dilakukan oleh Satgas Pengembangan Potensi Daerah Karimunjawa itu merupakan program yang digagas oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA).

Sekretaris Satgas Pengembangan Potensi Daerah Karimunjawa Wahyudi mengungkapkan, pembangunan itu melihat kondisi pariwisata di pulau tersebut, namun beberapa titik belum memiliki akses terhadap toilet umum. Dalam pembangunannya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah desa setempat.

“Untuk pembangunan toilte umum percontohan, dikoordinir oleh petinggi berikut pengelolaanya kami serahkan ke warga setempat. Minggu lalu pencanangannya kalau rencananya pada bulan November harus sudah kelar,” ujar Wahyudi, Sabtu (28/10/2017). 

Menurutnya, kegiatan sosial tersebut telah dilakukan sejak tahun 2015. Selain pembangunan toilet umum pada tahun ini, pada tahun 2015 juga dilaksanakan penanaman terumbu karang oleh Ketua Kagama Ganjar Pranowo. 

Terkait pembangunan toilet umum Wahyudi berharap dapat mempermudah wisatawan dan warga setempat mengakses sarana tersebut. Mengingat di beberapa titik padat wisatawan belum tersedia.

“Sebelumnya telah dipetakan mana yang membutuhkan toilet umum mana yang tidak. Di pelabuhan wisata sudah ada, di Ujung Gelam juga ada, namun ditempat lain yang bersebelahan dengan Ujung Gelam belum ada meskipun sudah disinggahi oleh wisatawan,” tuturnya.

Wahyudi menyebut, ikhtiar yang dilakukan diharapkan dapat memantik pemerintah untuk ikut membantu percepatan infrastruktur di pulau tropis tersebut.

Hal itu karena, dari berbagai destinasi wisata yang ada di Jateng, Karimunjawa termasuk spot wisata yang dapat mendatangkan pelancong baik dari dalam ataupun luarnegeri. 

“Saat ini kami lihat fasilitas yang tersedia cukup bagus, mulai dari listrik 24 jam hingga fasilitas jalan yang telah mulus,” pungkas Wahyudi. 

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →