Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Pengurus SMSI Jateng Dilantik Bertepatan Hari Sumpah Pemuda



Reporter:    /  @ 13:21:40  /  28 Oktober 2017

    Print       Email

Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jateng dilantik di Gedung Balaikota Semarang, Sabtu (28/10/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Semarang – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Tengah dilantik di Ruang Lokarida, Gedung Moch Ikhsan Balaikota Semarang, Sabtu (28/10/2017).

Pelantikan yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut dihadiri berbagai kalangan, seperti jurnalis, mahasiswa, dan pejabat dari Polda Jateng, Kodam Diponegoro, Pemerintah Provinsi Jateng, Pemerintah Kota Semarang, pengurus SMSI pusat dan PWI Jateng.

Pelantikan yang disambung dengan seminar nasional bertajuk “Peran Media Siber di Era Digital” tersebut juga dihadiri dosen Fakultas Hukum Unissula Dr Jawade Hafiz dan anggota DPR RI Dr Noor Achmad.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, media siber saat ini punya peran strategis yang ikut mewarnai opini publik. Jika dampaknya positif, media online memiliki kontribusi yang besar untuk membangun daerah.

Karena itu, dia menyarankan agar media online tidak menyebarkan berita palsu dan fitnah. Sebab, keberadaan media online saat ini turut menentukan maju-mundurnya suatu daerah, bahkan negara.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, anak muda zaman sekarang suka hal kekinian dan tidak bisa lepas dari media sosial. Sebelum makan saja, sambung Hendrar, mereka biasa memotret dan mengunggahnya ke medsos.

“Momentum itu harus ditangkap kawan-kawan media siber. Sayangnya, ada kelompok kecil yang kerap memanfaatkan media siber untuk kepentingan penyebaran berita palsu yang bisa memecah bangsa. Ini yang menjadi tugas kita bersama,” ucap dia.

Ketua SMSI Jateng Setiawan Hendra Kelana menambahkan, era siber menjadi hal penting karena bisa menjangkau ke semua hal. Usai dilantik, pengurus SMSI Jateng diminta untuk ikut mencerdaskan warganet.

Dia optimistis, SMSI bisa menjadi organisasi besar. Pasalnya, pengurus yang bergabung di SMSI berasal dari media mainstream yang kredibilitasnya bisa dipercaya. Ke depan, SMSI Jateng tidak hanya berkiprah di wilayah provinsi, tetapi juga di skala nasional.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →