Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Medsos Bisa Jadi Teman yang Menyesatkan bagi Anak



Reporter:    /  @ 12:57:17  /  28 Oktober 2017

    Print       Email

Ilustrasi. (Flickr)

MuriaNewsCom, Jepara – Di era keterbukaan informasi dan teknologi gawai, segalanya tentu lebih dimudahkan. Namun bila tak dikelola dengan baik, kecanggihan bisa menjadi ”teman” yang menyesatkan bagi anak dan generasi muda saat ini. 

Hal itu dikatakan Hadi Priyanto, Ketua Yayasan Kartini Indonesia saat berbicara dalam workshop pengembangan dan tantangan pendidikan, Jumat (27/10/2017) sore.

Menurutnya, saat ini media sosial telah menyita perhatian di berbagai sendi kehidupan anak-anak. Selain itu, teknologi informasi juga telah mengubah tatanan sosial masyarakat.

“Anak-anak cenderung mengabaikan realitas sosial yang ada di sekelilingnya. Ironisnya, banyak orang tua yang juga hanyut dalam model komunikasi dan nilai yang dibentuk oleh media sosial,” katanya. 

Hadi menyebut, jika tidak berhati-hati banyak nilai yang dapat merusak karakter anak-anak yang akrab dengan media sosial. Seperti pornografi sampai mengabaikan relasi sosial dengan teman-teman yang ada di sekitarnya.

Bukan hanya medsos, acara televisi yang hanya mementingkan rating juga banyak yang tidak mendidik. Menurutnya, acara-acara yang ditayangkan di televisi pada jam tayang utama (prime time) secara tampilan memang sangat menarik, akan tetapi dari segi nilai tidak banyak yang bisa diambil.

Sebagai solusi, Hadi menyebut pengenalan kembali budaya literasi (baca) dapat mengurangi ketergantungan generasi muda pada medsos. Selain itu, pengawasan dan bimbingan saat anak menggunakan media sosial mutlak dilakukan.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Presiden Jokowi Bakal Hadiri MQK ke-VI di Ponpes Balekambang Jepara

Selengkapnya →