Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tak Punya SIM Pelajar di Pati Ini Tak Ditilang, Tapi Dihukum Begini



Reporter:    /  @ 10:03:09  /  28 Oktober 2017

    Print       Email

Sejumlah pelajar yang terkena razia lalu lintas dihukum dengan membaca teks Sumpah Pemuda. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Puluhan pelajar terjaring operasi lalu lintas di kawasan Alun-alun Pati, Sabtu (28/10/2017). Mereka yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) dihukum dengan membaca teks sumpah pemuda.

Kasatlantas Polres Pati AKP Ikrar Potawari mengatakan, razia lalu lintas khusus untuk pelajar tersebut untuk menyikapi maraknya pengendara dari kalangan pelajar yang belum mengantongi SIM.

Terbukti, dari puluhan pelajar yang terjaring razia, hanya ada beberapa pengendara yang sudah memiliki SIM. Namun, mereka yang melanggar tidak dikenakan tilang. Mereka justru dihukum dengan membacakan teks sumpah pemuda.

“Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, para pelajar yang terkena razia tidak kami tilang, tetapi kami minta baca teks Sumpah Pemuda,” ujar AKP Ikrar.

Awalnya, para pelajar diminta untuk membaca Sumpah Pemuda tanpa teks. Namun, sebagian besar pelajar tidak menghafalnya.

Karena itu, mereka akhirnya dihukum dengan membaca teks Sumpah Pemuda kemudian ditirukan pelajar lainnya.

“Kami ingin menanamkan semangat Sumpah Pemuda di dalam diri pelajar, karena ternyata mereka banyak yang tidak hapal teks Sumpah Pemuda,” jelasnya.

Baca : Ribuan Pemuda Ini Rela Basah Kuyup Diguyur Hujan Bersama Ganjar Demi Sumpah Pemuda

Sri Puji Lestari (16), salah satu pelajar yang terjaring razia mengaku sempat takut bila dirinya ditilang. Sebab, dia belum memiliki SIM.

Tapi, Puji akhirnya bisa bernapas lega karena tidak ditilang dan hanya dihukum membaca teks Sumpah Pemuda. Kendati begitu, dia sempat khawatir lantaran tidak hafal Sumpah Pemuda.

“Untung pak polisinya baik. Meski tidak hafal, tapi diminta baca teks. Pesannya, kami diminta untuk memaknai semangat Sumpah Pemuda dan segera mengurus SIM,” ucap Puji.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Presiden Jokowi Bakal Hadiri MQK ke-VI di Ponpes Balekambang Jepara

Selengkapnya →