Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pelaku UMKM di Pati Diminta Melek Teknologi Informasi



Reporter:    /  @ 19:45:44  /  25 Oktober 2017

    Print       Email

Bimtek manajemen bisnis yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Pati bersama sejumlah pelaku bisnis, Rabu (25/10/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pati diminta untuk melek teknologi informasi. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Kemitraan dan Pengembangan UMKM Pati Edy Kuswantoro, Rabu (25/10/2017).

“Para pelaku UMKM di Pati harus bisa mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi. Sebab, persaingan usaha di era global semakin ketat. Mereka sebagian besar memanfaatkan teknologi,” kata Edy.

Menurut dia, pelaku UMKM di Pati selama ini masih memasarkan produknya secara konvensional. Padahal, pemasaran produk saat ini berkembang pesat ke era gadget.

Karena itu, dia menyarankan agar pelaku UMKM bisa meningkatkan keterampilan di bidang IT. Bila tidak memungkinkan, karyawan yang paham IT mesti dioptimalkan.

“Kalau terpaksa tidak paham IT, mesti memanfaatkan karyawan yang paham IT untuk ikut memasarkan produk. Konsumen yang belanja melalui gadget sekarang menjadi tren tersendiri,” imbuhnya.

Pemasaran produk dengan pemanfaatan IT yang dimaksud, antara lain website, blog, aplikasi di Playstore, dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan masih banyak lagi lainnya.

Pemasaran produk melalui online dinilai akan menunjang promosi, selain upaya konvensional juga harus digencarkan. Hal itu yang banyak disinggung dalam bimbingan teknis Manajemen Bisnis yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Pati 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →