Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Sering Konsumsi Makanan Instan, Bocah 14 Tahun di Pati Ini Kena Gagal Ginjal



Reporter:    /  @ 17:10:14  /  23 Oktober 2017

    Print       Email

Sofyan Yustiva Alfinda (kanan), bocah penderita gagal ginjal saat dikunjungi Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, Senin (23/10/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sofyan Yustiva Alfinda, bocah berusia 14 tahun asal Desa Puri RT 2 RW 4, Kecamatan Pati mengalami sakit gagal ginjal sejak umur tujuh tahun.

Dokter memvonis tidak ada peluang kesembuhan untuk Sofyan, kecuali harus cangkok ginjal. Padahal, cangkok ginjal bukan hanya mahal, tetapi juga butuh pendonor ginjal.

Hariyoso, ayah Sofyan yang berprofesi sebagai tukang parkir di Pasar Puri menuturkan, anaknya itu mulai sakit sejak tahun 2010. Saat itu, Sofyan hanya demam biasa.

Namun, keadaannya semakin hari kian memburuk. Kakinya terasa sakit, susah buang air kecil, badan membengkak, sakit perut yang tidak kunjung sembuh dan napasnya yang sesak.

“Pengobatan sudah dilakukan di RSUD Soewondo selama dua minggu. Tapi tidak kunjung sembuh dan justru semakin kritis. Setelah dirujuk ke RS Keluarga Sehat, ternyata anak saya dinyatakan gagal ginjal,” ungkap Hariyoso, Senin (23/10/2017).

Sofyan memang suka mengonsumsi makanan dan minuman instan sejak kecil. Kebiasaan itu yang membuatnya menderita gagal ginjal meski usianya masih bocah.

Tahu informasi tersebut, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan bersama Wakapolres Pati Kompol Nyamin dan Kasat Sabhara AKP Sugino mengunjungi rumah Sofyan. Mereka memberikan bantuan berupa uang tunai supaya dimanfaatkan untuk pengobatan Sofyan.

“Nilainya memang tidak seberapa. Tapi, kami berharap bantuan sosial itu bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan perawatan yang lebih layak,” ujar AKBP Maulana.

Saat ini, Sofyan masih mengalami sesak napas, perut bengkak dan susah buang air kecil. Dia juga harus menggunakan alat bantu pernapasan supaya bisa bernapas dengan baik.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →