Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

20 Hektare Lahan PG Rendeng yang Digarap Warga di Tanjungrejo Kudus Dieksekusi



Reporter:    /  @ 16:14:38  /  23 Oktober 2017

    Print       Email

Seorang warga mengumpulkan puing-puing bangunan yang dirobohkan PG Rendeng, Senin (23/10/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pabrik Gula (PG) Rendeng bersama PTPN IX mulai menarik kembali tanah miliknya untuk kebutuhan pabrik. Alhasil, puluhan hektare tanah milik PG di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo dieksekusi, Senin (23/10/2017).

Perwira Keamanan PTPN IX Devisi Tanaman Tebu AKBP Ridho Wahyudi, mengatakan eksekusi tersebut merupakan tindak lanjut dari eksekusi sebelumnya pada 5 Oktober lalu. Sesuai dengan edaran, hari ini dilakukan eksekusi lahan.

“Luas tanah yang dieksekusi mencapai 20 hektare. Lahan tersebut, selama ini digunakan warga tanpa adanya sewa kepada pihak PG,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Baca: Belasan Tahun Dikuasai Warga Kudus, PTPN Ambil Alih Lahan Tebu PG Tanjung Mojo

Selama ini, tanah sudah banyak digunakan masyarakat di sana seperti mulai jadi area persawahan dan kebun. Bahkan beberapa di antaranya malah sudah berdiri bangunan kokoh sebagai permukiman warga di Tanjung Rejo.

Tanah tersebut selama ini dimanfaatkan oleh 113 warga. Ratusan warga tersebut juga sudah melakukan komunikasi dengan warga terkait eksekusi dan penarikan kembali lahan semenjak empat bulan lalu.

“Sebelum di eksekusi kami sudah memperingatkan warga untuk mengambil barang berharganya. Karena hari ini akan diselesaikan eksekusi,” ungkap dia.

Nantinya, tanah yang sudah diambil kembali akan difungsikan kembali menjadi tanaman tebu dengan kualitas yang baik. Tanaman tersebut, dibutuhkan untuk kebutuhan akan tebu di Indonesia.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →