Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Pebisnis Startup Solo Dapat Dukungan Pemkot



   /  @ 11:28:24  /  23 Oktober 2017

    Print       Email

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Solo – Para pelaku usaha bisnis ‘startup’ atau rintisan di Kota Solo akan mendapatkan dorongan sebagai bentuk dukungan dari pemerintah kota setempat. Tujuannya agar bisnis rintisan bisa bersaing di era sekarang ini. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Surakarta Nur Haryani.

“Setiap tahun kami berupaya melatih 350 wirausaha baru. Jumlah saat ini di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM sekitar 2.900,” kata Nur dikutip dari Antarajateng.com.

Saat ini di Kota Solo, jumlahnya mencapai sekitar 43.800 UKM. Jumlah itu merupakan binaan dari SKPD di Pemerintah Kota Solo. Nur menambahkan, pelatihan tersebut penting agar pelaku usaha bisa menikmati program bantuan dari pemerintah pusat. Seperti program Startup Capital.

Di Kota Solo saat ini, baru ada lima UKM yang telah menikmati prorgram Startup Capital. Jumlah itu akan terus bertambah lagi. Di antaranya, Pemkot Solo mengadakan pelatihan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan jumlah peserta 200 pelaku UKM. Dari jumah itu, 15 UKM bisa mengikuti program Startup Capital. Nantinya pelaku usaha bisa mendapatkan hibah modal usaha. Dengan nilainya bisa sampai Rp 13 juta.

Pelatihan tersebut untuk pelaku UKM skala kecil. Sejauh ini, bisnis rintisan di Solo berkembang pesat. Termasuk juga potensinya yang siap bersaing. Mereka juga bisa bergerak di tataran online, atau offline.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →