Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Data Penerima Program Penanganan Fakir Miskin di Grobogan Bakal Divalidasi Ulang



Reporter:    /  @ 17:05:44  /  21 Oktober 2017

    Print       Email

Ratusan petugas dari Dinas Sosial Grobogan mengikuti bintek verifikasi dan validasi data terpadu program penanganan fakir miskin, Sabtu (20/10/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganDinas Sosial Grobogan bakal segera melakukan kegiatan verifikasi dan validasi data terpadu program penanganan fakir miskin. Hal itu diperlukan agar data tersebut lebih akuran dan sesuai dengan kondisi terkini dilapangan.

Kepala Dinsos Grobogan Andung Sutiyoso menjelaskan, berdasarkan basis data terpadu yang dikeluarkan Kementerian Sosial tahun 2015, ada 207.699 rumah tangga sasaran (RTS) fakir miskin diwilayahnya. RTS itu tersebar merata di 280 desa/kelurahan di 19 kecamatan.

Sesuai UU No 13 tahun 2013 tentang penanganan fakir miskin, secara berkala data tersebut perlu dilakukan verifikasi dan validasi tiap dua tahun. Mengingat data terakhir dikeluarkan tahun 2015 maka pada tahun 2017 ini perlu dilakukan verifikasi dan validasi lagi.

“Dalam kurun waktu dua tahun, bisa jadi datanya sudah berubah. Yakni, ada yang sudah meninggal, pindah alamat atau bahkan statusnya sudah tidak miskin lagi. Untuk mengetahui kondisinya harus dicek ke lapangan,” jelas Andung, usai melangsungkan kegiatan bintek verifikasi dan validasi data terpadu program penanganan fakir miskin di gedung Riptaloka, Sabtu (20/10/2017).

Dalam kegiatan verifikasi dan validasi itu, pihaknya akan mengerahkan 181 petugas. Yakni, 162 pendamping program keluarga harapan dan 19 TKSK di tiap kecamatan.

“Sebelum melakukan kegiatan, para petugas kita beri bimbingan dalam melaksanaan verifikasi dan validasi agar tidak ada kesalahan,” jelasnya.

Andung menambahkan, data hasil verifikasi dan validasi itu nantinya tidak hanya digunakan oleh dinasnya aja. Namun, instansi lainnya juga bisa mengacu pada data tersebut dalam melakukan program penanganan fakir miskin.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →