Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

ODOLAN 2017 Digelar, Sekda Jepara Ikutan Main Dakon



Reporter:    /  @ 16:41:33  /  21 Oktober 2017

    Print       Email

Sekda Jepara Sholih (batik biru) ikut memainkan dakon pada acara ODOLAN 2017, di Desa Kecapi. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Olimpiade Dolanan Anak (ODOLAN) kembali diselenggarakan untuk kelima kalinya. Bertempat di Desa Kecapi RT/RW : 14/2, Kecamatan Tahunan-Jepara, event yang digagas oleh Rumah Belajar Ilalang (RBI) itu mengambil tema “Alam Raya Sekolahku, Semua Orang Itu Guru”. 

Penggagas RBI Muhammad Hasan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan kembali dolanan atau permainan tradisional kepada generasi muda. Selain itu, pihaknya ingin agar anak muda khususnya anak-anak dapat memetik pelajaran dari segala yang diberikan oleh alam dan juga mengambil nasihat baik dari semua orang. 

“Ada berbagai kegiatan dalam ODOLAN 2017 ini, seperti Jazz Lumpur, Bazar, Gojek Bocah, turnamen gobak sodor, adapula workshop mendongeng untuk anak-anak,” katanya, Sabtu (21/10/2017). 

Selain itu, pada event tahun ini RBI juga menggandeng berbagai komunitas seni asal Jepara dan diikuti relawan dari Jember, Surabaya, Jombang, Madiun, Semarang dan Kudus. Ajang ini menurut Hasan akan digelar sampai hari Minggu (22/10/2017). 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Sholih mengapresiasi kegiatan itu. Dalam sambutan saat pembukaan acara, ia menggaris bawahi perlunya pelestarian terkait permainan tradisional. 

“Jangan biarkan anak-anak kita terlalu bergantung dengan permainan dari gawai yang dapat menyebabkan mereka pasif dan dapat mengganggu kesehatan mata mereka,” ucapnya. 

Selain itu, ia mengimbau agar permainan tradisional terus diuri-uri agar tidak punah termakan zaman. pada acara tersebut, Sholih pun berkesempatan beradu taktik memainkan permainan tradisional dakon. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →