Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Tilep Uang Ratusan Juta, Calo CPNS di Grobogan Ditangkap Polisi



Reporter:    /  @ 15:30:38  /  20 Oktober 2017

    Print       Email

Seorang warga Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi diamankan anggota Satreskrim Polres Grobogan karena diindikasikan terlibat penggelapan dan penipuan terkait penerimaan CPNS. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, GroboganSeorang warga Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi diamankan anggota Satreskrim Polres Grobogan karena diindikasikan terlibat penggelapan dan penipuan.

Pelaku bernama Kistiyono Munandar (49) diamankan menyusul adanya laporan dari dua orang korbannya. Yakni, Tasman (64), warga Kelurahan/Kecamatan Wirosari dan Suyatman (51), warga Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan.

Kasus yang menimpa kedua korban itu sudah terjadi awal tahun 2014 lalu. Saat itu, pelaku mengaku bisa memasukkan anak korban menjadi CPNS untuk formasi bidan. Namun, untuk memuluskan jadi CPNS, keduanya harus menyediakan sejumlah uang.

Agar anaknya bisa jadi CPNS, Tasman sudah menyerahkan uang senilai Rp 95 juta. Sedangkan Suyatman sudah setor Rp 40 juta. Selain dalam bentuk tunai, sebagian uang juga dikirimkan lewat transfer bank.

Setelah menyerahkan uang, janji menjadikan anaknya jadi CPNS tak kunjung terealisasi. Merasa ditipu, keduanya akhirnya memilih melaporkan kasus itu pada pihak kepolisian.

“Setelah ada laporan, tersangka berhasil kita amankan. Kasus ini masih kita kembangkan karena bisa jadi ada korban lainnya,” kata Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Swasana, Jumat (20/10/2017).

Tersangka bakal dijerat dengan Pasal 378 Jo 372 KUH Pidana tentang penipuan dan penggelapan. Berdasarkan pasal ini, tersangka bisa diancam dengan hukuman 4 tahun penjara.

“Terkait kejadian ini, saya mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap omongan atau janji dari pihak tertentu yang mengaku bisa membantu memasukkan jadi CPNS,” katanya. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →