Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Setelah Terbakar 2 Tahun Lalu, Pasar Johar Mulai Dibangun



   /  @ 14:48:19  /  20 Oktober 2017

    Print       Email

Alat berat dikerahkan untuk melakukan pembangunan ulang Pasar Johar Semarang yang terbakar sejak 2015 lalu. (Foto : detik.com)

MuriaNewsCom, Semarang – Pascaterbakar pada 9 Mei 2015 lalu, Pasar Johar Semarang, Jumat (20/10/2017) hari ini mulai dibangun ulang. Pasar itu akan dibangun dengan model yang sama seperti sebelumnya yang merupakan bangunan cagar budaya.

Pasar Johar terbakar pada 9 Mei 2015. Kemudian tanggal 27 Februari 2016, Pasar Yaik Baru yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar juga terbakar akibat korsleting listrik.

Tak sampai satu tahun, yakni 18 Juni 2016 kebakaran kembali terjadi di blok E Pasar Kanjengan yang juga berada di kompleks Pasar Johar.

Selain itu juga dibangun gedung baru untuk Pasar Kanjengan. Walikota Semarang Hendrar Prihadi memimpin groundbreaking pembangunan pasar itu.

Ia menyatakan, dana yang digunakan untuk pembangunan pasar berasal dari APBD Pemkot Semarang dan dari Kementerian PUPR. Dana dari pusat sebesar Rp 240 miliar untuk membangun Pasar Johar Lama karya Thomas Karsten.

“Dari APBD sebesar Rp 50 miliar untuk konstruksi. Tahun depan Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan kembali seperti bentuk semula,” katanya.

Menurutnya, pihaknya belum meminta bantuan dari Pemprov Jateng untuk pembangunan itu. Meski demikian, ia berharap pemprov juga akan memberikan dukungan.

“Ini keroyokan, ada dana pusat dan kota. Kita belum minta ke provinsi. Tapi saya yakin Pak Ganjar tahun 2019 akan melengkapi anggaran provinsi untuk melengkapi Pasar Johar ini,” tutur Hendi.

Kontraktor untuk pembangunan ulang pasar tersebut yakni PT Semarang Cerah Sejahtera (SCS). Rekanan ini diberi waktu selama 60 hari untuk menyelesaikan kontruksi gedung empat lantai dan kios.

Hendi menambahkan nantinya kawasan Pasar Johar akan dibuat lebih rapi dan bersih, bahkan bekas alun-alun di depan Masjid Agung Kauman Semarang akan dikembalikan fungsinya dan diberi basement. Meski demikian saat ini masih ada titik yang berstatus sengketa dan dalam proses penyelesaian.

“Target kami bangunan cagar budaya kembali seperti semula, lingkungan sekitar berubah, alun-alun tambah bagus, bawahnya ada untuk kawan-kawan Pasar Yaik, Kanjengan dibangun bagus,” jelas Hendi.

Direktur PT SCS Suharto menyatakan, dalam waktu 60 hari akan mengerjakan tahap pertama berupa pembangunan kosntruksi 4 lantai untuk gedung Pasar Johar baru. Kemudian pembangunan kios dan lapak pada lantai 1 dan 2.

“Proyek ini jenis pengerjaannya boredpile, struktur sampai lantai 4. Untuk lapak lantai 1 ada 50 kios, 105 lapak, lanti 2 ada 24 kios dan 100 lapak. Diharapkan tahun ini selesai sampai dengan lantai 2. Luas bangunannya 50×50 meter,” jelas Suharto.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Banyak Tumbuhan Mati, DLH Grobogan Tanami lagi Kawasan Alun-alun Purwodadi

Selengkapnya →