Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pendaftar Calon PPK dari Kaum Perempuan di Jepara Lebih dari 30 persen



Reporter:    /  @ 18:17:12  /  19 Oktober 2017

    Print       Email

Sejumlah warga sedang menunggu giliran untuk memasukkan berkas pendaftaran calon anggota PPK. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Antusiasme Pendaftar  perempuan dalam seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pilgub Jateng 2018, lebih dari 30 persen. Hal itu dikatakan oleh Komisioner KPU Jepara Divisi Teknis Penyelenggara dan Hubla Anik Sholihatun, Kamis (19/10/2017). 

Menurutnya, sekitar 38 persen dari pendaftar merupakan perempuan. Hal itu menurutnya merupakan sesuatu yang menggembirakan karena menunjukan angka partisipasi terhadap kegiatan berdemokrasi di Jepara. 

“Total ada 232 pendaftar, 167 merupakan pendaftar PPK laki-laki, sedangkan sisanya sebanyak 65 orang merupakan perempuan,” katanya. 

Ia menyebut, pendaftar PPK perempuan terbanyak dari kecamatan Jepara dengan 10 pendaftar, dari total 22 pendaftar. Diikuti dengan kecamatan Tahunan dengan 8 pendaftar, selain itu Kecamatan Bangsri juga menyumbang calon PPK perempuan dengan tujuh orang. 

“Di Karimunjawa dari 13 pendaftar PPK tujuh di antaranya adalah perempuan,” tambahnya. 

Terpisah, Komisioner KPU Jateng Divisi Pemutakhiran, Data Pemilih Muslim Aisya mendorong lahirnya calon pemimpin perempuan. Dari fenomena yang ia amati, selama ini calon pemimpin perempuan di Jawa Tengah didominasi oleh mereka dari kalangan partai politik dan pengusaha. 

“Selama ini yang mencalonkan jadi pemimpin perempuan di Jawa Tengah berasal kalau tidak dari unsur partai ya pengusaha. Untuk mewujudkan keterwakilan perempuan hingga 30 persen, maka bisa saja jalur perseorangan digunakan untuk memunculkan calon dari ranah lain,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →