Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

KONYOL, Kopian KTP dari Kios Fotokopi Pun Diambil Parpol di Brebes



   /  @ 13:57:39  /  19 Oktober 2017

    Print       Email

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Brebes – Benar-benar konyol. Apa yang dilakukan partai politik (parpol) demi memenuhi persyaratan pendaftaran di KPU ini amat tak layak ditiru. Mereka sampai menempuh cara curang. Di antaranya mengumpulkan KTP dari berbagai tempat.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan, pihaknya menemukan kecurangan parpol yang mengambil fotokopian KTP dari berbagai tempat untuk daftar Pemilu 2019. “Untuk mendaftar, parpol mengambil kopian KTP dari lembaga tertentu yang memiliki stok kopian KTP banyak,” ujar Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi saat dimintai konfirmasi Kamis (19/10/2017) dikutip dari detik.com.

Pihaknya juga menanyakan asal kopian KTP didapat kepada pengurus parpol. Para pengurus parpol ada yang menjawab bahwa itu didapat dari lembaga keuangan, kantor pelayanan yang mengurusi pembayaran pajak, dan lembaha pembiayaan kendaraan.

Masih dari detik.com, Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Brebes, Thamrin mengaku terpaksa mengambil kopian KTP orang lain yang bukan anggota partai. Upaya ini untuk memenuhi persyaratan pendaftaran di KPU. 
Menurutnya, untuk memenuhi batas minimal diterima sebagai peserta pemilu, pihaknya harus mengumpulkan KTP anggota sebanyak 1.759 orang sesuai pada daftar Sipol.
“Awalnya dari info teman, saya supaya ke (kios fotokopi) di kantor Samsat agar dapat kopian KTP. Di tempat foto copy kantor Samsat itu saya bisa mendapat kopian KTP dalam jumlah banyak. Sampai lebih dari 100 lembar (kopian KTP),” papar Thamrin.

Anggota KPU Brebes Ahmad Hanfan yang namanya dicatut sebagai anggota PBB menjelaskan, sudah melakukan klarifikasi terhadap parpol yang bersangkutan. 
“Sebagai penyelenggara pemilu saya protes ke PBB. Dan ternyata mereka mengaku mendapatkan copy-an KTP saya dari (kios fotocopy di komplek kantor) Samsat,” ungkap Hanfan.

Hanfan juga telah meminta kepada pengurus partai tersebut untuk membuang copy-an KTP miliknya. Tak hanya Hanfan, terdapat pula salah seorang PNS yang muncul pada daftar keanggotaan PBB. Dia adalah Lusiana Indira Isni. Lusiana yang akrab dipanggil Luce saat ini menjabat sebagai Kasi Humas Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Brebes. 

“Saya sama sekali tidak tahu menahu. Kok ada nama saya di data anggota PBB. Padahal selama ini tidak pernah berafiliasi ke partai manapun,” ucap Luce

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →