Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Warga Mantingan Jepara Nyalon Gubernur Jateng Lewat Jalur Independen



Reporter:    /  @ 15:10:03  /  18 Oktober 2017

    Print       Email

Sosialisasi pencalonan gubernur dari jàlur perseorangan, Rabu (18/10/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah melakukan safari ke kabupaten/kota di Jateng, untuk mendeteksi calon gubernur 2018 dari jalur perseorangan (independen). Hingga saat ini, tercatat sudah ada enam orang yang berkonsultasi terkait pencalonan kepala daerah dari jalur tersebut. 

Muslim Aisya Komisioner KPU Jateng Bidang Pemutakhiran Data Pemilih mengatakan, dari enam orang yang telah berkonsultasi dengan KPU Jateng terkait jalur perseorangan, satu di antaranya adalah warga Jepara, yakni Mundi warga Mantingan. 

”Ada satu yang dari Jepara. Ia adalah pan Mundi. Saat ini beliau sudah berkonsultasi dengan KPU Jateng,” katanya saat memberikan sosialisasi terkait pencalonan jalur perseorangan di kantor KPU Jepara, Rabu (18/10/2017).

Saat ini, lanjutnya, pencalonan dari jalur perseorangan (independen) menempati tahap awal. Syaratnya ada dukungan dari 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Terakhir (DPT) Jateng. 

“Syarat dukungannya harus ada sejumlah 1.781.606 orang yang dibuktikan dengan identitas seperti KTP atau surat keterangan perekaman data penduduk,” ujarnya,. 

Menurutnya, dalam sejarah pemilihan gubernur di Jawa Tengah belum ada pemimpin yang dihasilkan dari jalur independen. Meskipun, pencalonan dari jalur tersebut telah diatur dalam peraturan KPU No 3/2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. 

Dengan pencalonan dari jalur perseorangan, maka akan memberikan alternatif bagi masyarakat dalam menentukan pemimpin daerah.

“Kalau dilihat dari pengalaman pemilihan gubernur sebelumnya, belum ada calon dari perseorangan. Namun kalau di kabupaten, banyak muncul, seperti Pati atau Rembang yang kini menjabat bupati,” katanya. 

Terpisah, Mundi mengatakan mantap melangkah pada pencalonan Gubernur Jateng lewat jalur perseorangan. Dirinya mengklaim telah mengantongi komitmen dukungan sebanyak 5 juta orang. 

“Iya saya mencalonkan gubernur Jateng dari jalur perseorangan, untuk wakil saya sudah ditentukan adalah Sarjono warga Sukoharjo. Kemarin di Solo Raya sudah ada komitmen dukungan sebanyak 5 juta orang, namun kita lihat nanti realisasinya,” kata warga Mantingan RT 16/RW 5 itu. 

Terkait motivasinya bertarung untuk pilgub Jateng 2018, ia mengaku terpanggil untuk memperbaiki keadaan masyarakat. Hal itu menurutnya dapat dimulai dengan mengubah pola pikir warga Jateng terhadap politik, yang selama ini telah berlangsung. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →