Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak



Reporter:    /  @ 18:25:35  /  17 Oktober 2017

    Print       Email

Ruangan SDN 05 Sembungharjo, Kecamatan Pulokulon rusak parah, Selasa (3/10/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni berjanji akan segera menuntaskan masalah gedung SD yang kondisinya rusak parah. Hal itu disampaikan Sri Sumarni usai memimpin rakor membahas gedung SD rusak bersama pejabat terkait lainnya, Selasa (17/10/2017).

“Selain jalan, perbaikan gedung SD rusak akan saya prioritaskan. Kita harapkan, perbaikan gedung rusak bisa tuntas tahun depan,” tegasnya.

Menurutnya, dari pendataan terbaru yang dilakukan Dinas Pendidikan Grobogan, masih ada 219 ruang kelas yang rusak parah. Dari jumlah ini, sebagian sudah dapat alokasi perbaikan pada tahun 2018.

Sisanya sebanyak 147 ruang kelas rusak belum mendapatkan alokasi anggaran. Ruang kelas rusak parah sebanyak ini tersebar di 50 SD.

“147 ruang kelas rusak parah inilah yang masih harus dapat perhatian serius,” cetusnya.

Untuk mengalokasikan anggaran perbaikan 147 ruang kelas rusak pada tahun 2018 sudah tidak memungkinkan. Soalnya, APBD 2018 sudah ditetapkan beberapa bulan lalu sebelum ada pendataan ulang tersebut.

“Saya akan mengupayakan anggaran perbaikan gedung rusak ke Pusat dan Pemprov Jateng,” jelasnya.

Dalam penanganan perbaikan gedung yang rusak dalam satu sekolah harus dituntaskan. Misalnya, dalam satu sekolah ada empat ruang yang rusak maka harus diperbaiki semua. Jangan sampai perbaikan dilakukan hanya pada satu atau dua ruang kelas saja dan sisanya diperbaiki tahun berikutnya.

Sri Sumarni menegaskan, pihaknya memang meminta dinas pendidikan untuk melakukan pendataan ulang terkait kondisi gedung sekolah yang saat ini masih mengalami kerusakan. Hal itu diperlukan agar perencanaan dan upaya penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Masih munculnya gedung SD rusak parah sempat membuatnya kaget. Soalnya, dari laporan sebelumnya, sudah tidak ada bangunan SD rusak lagi setelah SDN 01 Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon.

“Gedung SDN 01 Mlowokarangtalun sudah kita perbaiki total tahun ini dan sekarang kondisinya sudah bagus. Setelah itu, lha kok ada SD rusak parah lagi. Yakni, SDN 05 Sembungharjo yang juga ada di Kecamatan Pulokulon. Terkait dengan kondisi itu, saya akhirnya minta agar dinas terkait bikin pendataan lagi,” kata mantan Ketua DPRD Grobogan itu.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →