Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Jokowi Usulkan Undip Buka Jurusan Meme dan Toko Online



   /  @ 15:26:02  /  17 Oktober 2017

    Print       Email

Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato ilmiah dalam Dies Natalie ke-60 Undip Semarang, Selasa (17/10/2017). (Istimewa)

MuriaNewsCom, Semarang – Presiden Joko Widodo mengusulkan agar Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuka Fakultas Digital Ekonomi. Fakultas ini menurutnya sudah dikembangkan sejumlah universitas di luar negeri.

Di dalam fakultas ini nantinya, bisa membuka jurusan-jurusan tentang perekonomian yang memanfaatkan teknologi informasi. Bahkan termasuk di dalamnya jika memungkinkan ada jurusan tentang meme.

“Kenapa tidak menyiapkan fakultas digital ekonomi, sebelum universitas lain mendahului?. Fakultas ekonomi digital, jurusannya bisa jurusan toko online, bisa saja aplikasi sistem, bisa saja financial teknologi, bisa saja jurusan meme,” kata Jokowi.

Hal ini dikatakan Jokowi ketika memberikan pidato ilmiah dalam Dies Natalis ke-60 Undip Semarang, Selasa (17/10/2017).

Menurutnya, metode pembelajaran yang diterapkan juga harus disesuaikan untuk generasi saat ini. Jokowi mengistilahkannya dengan “Generasi Y”. Menurutnya, perguruan tinggi harus punya langkah antisipasi agar generasi muda siap menghadapi perubahan zaman.

“Metode pembelajaran disesuaikan dengan generasi Y kita. Fasilitasi mahasiswa, jadi pembelajar yang aktif, punya etos kerja tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi saat ini telah memengaruhi perubahan perilaku sosial. Ia mencontohkan soal alat pembayaran, yang sudah bergeser ke pembeyaran nontunai. Jual beli juga menurutnya tak harus dilakukan di toko, karena bisa dilakukan melalui online.

Perkembangan seperti itu mau tidak mau akan mempengaruhi kehidupan di masa depan sehingga perguruan tinggi juga harus ikut berkembang. Salah satunya dengan sekolah vokasi atau kejuruan.

“Ilmu terapan jadi kunci. Saya juga titip pada Pak Rektor dan jajaran civitas akademika, kita harus berubah. Universitas harus songsong transisi,” jelasnya.

Jokowi juga mengaku menyempatkan waktu khusus untuk menghadari dies natalis Undip ini. Ia menyisihkan waktu sekitar 1,5 jam untuk memberikan pidato dan harus terbang kembali.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →