MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Penyimpangan Anggaran, Bhabinkamtibmas Jepara  Awasi Penggunaan Dana Desa 

522
Anggota Bhabinkamtibmas mendapat pengarahan dari Dinsospermades Jepara, Selasa (17/10/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Jepara dilibatkan dalam pengawasan Dana Desa. Tugasnya, mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran yang bersumber dari APBN itu. 

Kasat Binmas Polres Jepara AKP Hadi Prastowo mengatakan, tugas tambahan itu sesuai dengan instruksi Kapolri. Menurutnya fungsi pengawasan yang dilakukan Bhabinkamtibmas lebih bersifat preventif dan preemtif.

“Sifatnya mencegah terjadinya penyimpangan sejak dari desa. Hanya ngelingke bukan represif atau penindakan,” kata dia Selasa (17/10/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, pengawasan yang dilakukan adalah dengan keikutsertaan aktif anggota dalam mengawal setiap kegiatan yang berhubungan pembahasan penggunaan dana tersebut. 

Dalam pengawasannya, anggota Bhabinkamtibmas Jepara yang berjumlah 100 orang, akan berkoordinasi dengan masyarakat dan penegak hukum lain. Namun sebelum melaksanakan tugasnya mereka diberi bekal ilmu oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Jepara. 

“Nanti kalau sampai ada penyelewengan petugas kami akan berkoordinasi dengan masyarakat dan atasan di wilayah (Kapolsek) setempat,” imbuh Hadi.

Budi Prisulistyono Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa Dinsospermades mengatakan, pembekalan kepada anggota Bhabinkamtibmas terkait peraturan Dana Desa.  

“Kita berikan bekal pemahaman kepada  terkait aturan mainnya (penggunaan dana desa) apa yang boleh dan tidak. Petugas harus paham dulu mengenai aturan yang berlaku, sehingga mereka bisa mengawasi penggunaan dan tersebut,” ujarnya. 

Harapannya, lanjut Budi, dengan keikutsertaan Bhabinkamtibmas Jepara dapat mengefektifkan penggunaan Dana Desa. Ia mengungkapkan tugas polisi berbeda dengan Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). 

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.